Halmahera, www.mediasuararakyat.com | Gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Halmahera Utara setelah beberapa waktu lalu pernah mengguncang Halmahera Utara yang mengakibatkan beberapa rumah warga dan fasilitas umum lainnya sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Gempa bumi yang terjadi hari ini Senin, 18/04/2022 tepatnya pukul 12.04 WIT  berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan gempa sebesar 5.2 magnitudo. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,97° LU ; 127,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Kecamatan Galela Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada kedalaman 116 km.

Akibat dampak dari gempa bumi tersebut, beberapa rumah warga dan tempat ibadah mengalami kerusakan mulai dari kerusakan ringan hingga berat. Berdasarkan Data sementara yang disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Halmahera Utara jumlah kerusakan rumah warga dan tempat ibadah adalah sebagai berikut :

1). Desa Dokulamo Kecamatan Galela Barat rumah warga yang rusak berat berjumlah 15 unit;

 2). Desa Barataku rumah yang rusak berat berjumlah 12 unit dan 21 rumah rusak ringan;

3). Desa Ngidiho Kecamatan Galela Barat 25 rumah rusak berat, 1 unit Rumah Ibadah Rusak Berat

 4). Desa Simau Kecamatan Galela Utara  rumah yang rusak berat berjumlah 4 unit.

Dan untuk sampai saat ini belum ada korban jiwa yang dilaporkan pada gempa tersebut. BPBD Halut masih terus melakukan pendataan terhadap kerusakan pada rumah-rumah warga dan fasilitas umum lainnya. Pemerintah Daerah menghimbau kepada seluruh masyarakat Halmahera Utara agar tidak terlalu panik terhadap situasi yang terjadi saat ini,  tetapi selalu berdoa dan waspada demi kesalamatan kita bersama.

Dilansir dari Humas Pemda Halmahera Utara

Kang R

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *