Karawang,  www. mediasuararakyat.com – Bupati Karawang  dr. Cellica Nurrachadiana menghadiri acara panen raya, yang digelar di Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang, Selasa (31/05/2022).

Panen raya ini merupakan Program Kartika yang digagas oleh Dandim 0604 Karawang, sebuah program yang sangat dibutuhkan oleh para petani, dan dalam program kartika ini, panen raya seluas 7 hektar dengan sistem pemupukan menggunakan pupuk organik (pupuk kandang).

Acara tersebut dihadiri oleh Dandim 0604 Karawang  Letkol  Kav. Makhdum Habiburrahman , Danrem Gunung Jati  Kol. Inf.  Dany Ranca S.A.P , Kepala Dinas Pertanian  Hanafi Chaniago  , Kabulog Karawang  Yanto, perwakilan Kajari Karawang yang diwakili oleh Kasie Intel, Kapolres Karawang  AKBP  ALDI SUBARTONO, SH, MH , Plt Camat Telukjambe Timur Dede Satria,  Kades Wadas H. Junaedi SH, dan Kepala Desa Sukamakmur  Dede Sudrajat.

Kepala Desa Wadas  H. Junaedi SH mengatakan  : “Saya minta kepada Pemda Karawang tolong pupuk dan Solarnya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para petani “, ucap H Junaedi.

Dengan program Kartika yang menggunakan pupuk organik ini,  hasil dari panen raya para petani dalam 1 hektar dapat menghasilkan 8 ton gabah dengan hasil kotor.

 Ditempat yang sama Kabulog Karawang, Yanto mengatakan  : “kami menyambut dengan program ini”, ujar Yanto.

“Salah satu fungsi Bulog yaitu menjaga harga jual, ketika harga jatuh Bulog menjaga harga di tingkat petani sesuai harga Harga Pokok Pendualan (HPP) , bila dibawah HPP Bulog siap menyerap”, lanjut Yanto.

Yanto jugaa mengatakan,” Bulog punya mesin pengering dengan kapasitas gudang Bulog 55 ribu ton” , ucap Yanto.

“Saat ini di Karawang,  harga di lapangan cukup bagus , dengan varietas  kebanyakan Ciherang dan IR”, pungkasnya.

Tirta

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!