Karawang, mediasuararakyat.com – Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK IPTEK Sanggabuana Kembali Gelar Seleksi Tes Ijon Sebanyak 200 Siswa-Siswi SMK IPTEK Sanggabuana mengikuti pelaksanaan tes ijon oleh PT. Yamaha Motor Manufacturing West Java yang dilaksanankan di aula kelas campus SMK IPTEK Sanggabuana Kecamatan Pangakalan Kabupaten Karawang. Senin (18/7/2022)

Bekerja sama dengan perusahaan manufaktur, lowongan pekerjaan terbuka lebar bagi mereka yang berkompeten di bidang industri baik suku cadang, elektronik atau otomotif. Tes tersebut dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari wajib bermasker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak aman antar peserta dan meliputi tes psikotes dan Swab antigen.

Kepala BKK SMK IPTEK Sanggabuana, Erif Eriyanto, ST, mengatakan “hampir setiap tahunnya SMK IPTEK Sanggabuana membuka peluang bagi anak didik untuk berkarir di sejumlah perusahaan baik lokal, nasional maupun internasional”.

kelebihan SMK IPTEK Sanggabuana lulusannya memang dirancang untuk siap kerja. Menariknya lagi sekarang ada yang namanya Bursa Kerja Khusus (BKK), organisasi inilah yang mewadahi siswa kls XII SMK untuk berlomba-lomba melamar kerja di perusahaan. Padahal siswa tersebut belum lulus, itulah yang dimaksud sistem ijon,” kata erif.

Erif menjelaskan “Sistem Ijon adalah suatu proses melamar kerja di perusahaan atau intansi tertentu yang nantinya bila siswa tersebut diterima kerja mulai kerjanya menunggu lulus dari sekolah. Pada umumnya seleksi kerja dilaksanakan semester II jadi mendekati Ujian Nasional.

Tes ijon ini dapat dikatakan juga sebagai kanal yang saling menguntungkan antara pihak sekolah, perusahaan dan siswa. Pihak sekolah tentunya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan anak didiknya agar lebih berkualitas. Sedangkan bagi siswa sendiri, akan mendapatkan kesempatan kerja tanpa harus bingung mencari kerja saat lulus nanti. Dan bagi perusahaanpun keuntungannya adalah akan mendapatkan tenaga kerja fresh graduate yang sesuai dengan bidang kerjanya.”

selanjutnya, jika peserta test ijon dinyatakan lulus maka akan dilanjutkan untuk proses interview dan magang kerja”, pungkasnya.

Pewarta : Jay

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!