Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Pemerintah Desa Se-kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang Gelar Kegiatan Sosialisasi Dan Simulasi “Mitigasi Bencana Alam” Tahun 2022Bertempat di Aula Pangrango Kampung Turis Resort dan Water Park. Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Kamis (4/8/2022).

Bencana adalah rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat baik yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dokumen penting dan dampak psikologis.

Acara di gelar langsung oleh Pemerintah Desa Se-kecamatan Pangkalan bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, hadir sebagai narasumber Irawan, S.Pd, M.Pd, Kordinator Satgas BPBD kabupaten karawang dan Setiawan Satgas BPBD Kecamatan Pangkalan.

Koordinator Satgas BPBD kabupaten Karawang Irawan, S.Pd, M.Pd, kepada mediasuararakyat.com, mengatakan “Hari ini tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi “mitigasi bencana alam” tentunya sangat perlu dilakukan agar para peserta dari perwakilan aparatur pemerintah desa se-kecamatan pangkalan dapat menambah pengetahuannya di bidang bencana dan selalu siap dalam menghadapi bencana serta mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi juga dapat menyebar luaskan Informasi terkait kebencanaan,” terangnya.

Lanjut Irawan, S.Pd, M.Pd,” Perubahan paradigma dari tanggap darurat menjadi siaga bencana, bahwa bencana tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang harus diterima begitu saja. Tetapi, juga bisa diantisipasi kejadian bencana, korban dan diminimalisir dampaknya,Edukasi bencana sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana diharapkan dengan sosialisasi ini para peserta dapat menambah pengetahuannya di bidang bencana dan selalu siap dalam menghadapi bencana dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi.” Imbuhnya.

Sementara Satgas BPBD Kecamatan Pangkalan, Setiawan menambahkan,” Untuk Kecamatan Pangkalan sendiri bencana yang kerap terjadi antara lain banjir limpasan, longsor dan kebakaran, karena itu perlu perhatian yang serius dan ketersedian sarana pendukung tanggap bencana.”Perahu karet dan sekoci diperlukan untuk melengkapi mobil damkar yang sudah tersedia di Pos Damkar Pangkalan Tegalwaru. Hal tersebut mendesak untuk diadakan dan menjadi salah satu usulan”, pungkasnya.

Pewarta : Jay

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!