Img 20230302 Wa0307

Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Kepala desa (Kades) Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang kembali melakukan Restorative Justice (RJ) untuk musyawarah masalah perselisihan soal tanah dan rumah warga yang disengketakan tersebut, Minggu (7/08/2022).

Menurut Kades Bandung, Wahyu Kusnadiharja, sebagai juru damai pihaknya telah berupaya melakukan Restorative Justice (RJ) antara Junarsih (50) warga Kampung Lembur Kiray RT 006, RW 03, Desa Bandung selaku pelapor atau penggugat dengan Suheti (53) warga yang sama selaku terlapor atau tergugat, terkait soal batas tanah dan rumah.

“Alhamdulillah, kami baru saja melakukan musyawarah kedua belah pihak yang berselisih batas tanah dan rumah yang terletak di blok 009 Kampung Lemburkiray, Desa Bandung, Kecamatan Banjar, digelar di aula kantor desa,” terang Kades Wahyu kepada media, Minggu (07/08/2022) sore.

Dikatakannya, bahwa masing-masing memegang sertifikat dan setelah musyawarah dilanjutkan validasi dan dilakukan pengukuran kembali berdasarkan peta hasil ukur sertifikat kedua belah pihak tersebut.

“Dan berdasarkan musyawarah tadi ada 7 point yang telah disepakati yang difasilitasi oleh pemerintah desa, pihak kepolsek dan koramil Banjar,” katanya.

Ditambahkannya, apa yang telah dilakukannya dalam RJ itu adalah merupakan upaya menyelesaikan permasalahan perdata dan pidana ringan atau tertentu yang terjadi di wilayahnya.

“Kami berharap tidak ada persoalan pidana ringan atau perdata yang terjadi di masyarakat dibawa ke ranah hukum yang lebih tinggi. Dan kesadaran masyarakat untuk musyawarah mufakat lebih diutamakan,” harapnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!