Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Pelestarian Budaya Pencak Silat adalah salah satu cara dalam menjaga dan merawat warisan budaya bangsa, salah satu contoh di Kecamatan Mandalawangi dalam memperingati HUT RI ke 77, Pemerintahan Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang menggelar acara Festival Pencak Silat yang diinisiasi oleh Camat dan mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Hal ini mendapatkan apresiasi diberi Piagam Penghargaan Budaya dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kesenian dan Tari (Kesti) Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) di Aula Kantor Kecamatan Mandalawangi, Selasa (16/8/2022).

Camat Mandalawangi Tb. Akhmad Juwaeni, S.Sos mengatakan, bahwa pencak silat adalah salah satu budaya bangsa yang harus dirawat dan dijaga agar budaya ini tidak hilang apalagi tergerus oleh budaya asing yang telah menyusupi di daerah dan berdampak yang kurang positif bagi anak-anak penerus bangsa.

“Saya sebagai putra asli daerah pandeglang sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan budaya terutama pencak silat, dan Alhamdulillah dalam PHBN HUT RI ke 77 ini kami melaksanakan Festival Pencak silat di tingkat Kecamatan mandalawangi”, katanya.

Juwaeni menambahkan, Festival Pencak Silat ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses tak lepas peran serta masyarakat dan kasepuhan-kasepuhan Kesti TTKKDH di Kecamatan Mandalawangi dan dirinya mengajak ke semua elemen masyarakat untuk menjaga dan merawat apa yang sudah di warisan budaya ini kepada kita.

“Mewakili Pantia dan masyarakat Kecamatan Mandalawangi mengucapkan terimakasih atas Apresiasi dan Piagam Penghargaan Budaya dari Ketua DPD Kesti TTKKDH, semoga Kesti TTKKDH tetap jaya dan terus semangat melakukan pembinaan ke setiap daerah di tingkat Kecamatan maupun tingkat desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Kesti TTKKDH Kabupaten Pandeglang Surya Wijaya S.Sos, menjelaskan, Pemberian Piagam Penghargaan Budaya ini adalah sebagai bentuk Apresiasi dari Kesti TTKKDH kepada Camat Mandalawangi sebagai Inisiasi dan fasilitator kegiatan dalam rangka melestarikan budaya pencak silat di wilayahnya.

“Kami dari DPD Kesti TTKKDH Pandeglang, mengucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya karena dengan kegiatan Festival pencak Silat, anak-anak anggota Kesti TTKKDH dapat tampil dan menunjukkan kebolehan mereka di depan khalayak ramai, sehingga Budaya Pencak silat dapat mengakar dan di kenal di seluruh penjuru daerah di Kabupaten Pandeglang Khususnya di Kecamatan Mandalawangi,” tandasnya.**

Penulis: Asep Ucu SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!