Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Dinkes kabupaten Pandeglang melalui pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) bersama Kasi trantibsih Satpol PP kecamatan Mandalawangi melaksanakan Fogging dalam rangka pemberantasan sarang nyamuk di wilayah kecamatan Mandalawangi, pada Kamis (18/8/2022).

Kegiatan Fogging pada lokasi kejadian luar biasa (KLB) di laksanakannya di pemukiman warga tepatnya di Kp. Pari RT 03/05 Desa Mandalawangi kec Mandalawangi.

Adapun yang hadir dalam kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) tersebut, Syaeful Bakhri selaku Kasi kasi Trantibsih Satpol PP kecamatan Mandalawangi, Hj. Elsa Marliana S.ST selaku Kepala UPT PKM Mandalawangi, H. Azis Sahril Kades Mandalawangi, Surani ketua RT 03 Kp Pari dan tim Fogging Dinkes kabupaten Pandeglang.

Kasi Trantibsih Satpol PP kecamatan Mandalawangi H Syaeful Bakhri menyampaikan bahwa pihaknya meminta agar warga selalu mewaspadai dan disiplin pola hidup bersih.

“Kebersihan lingkungan tentunya akan dapat memberikan manfaat buat kita. Untuk itu, kami minta kepada masyarakat Mandalawangi untuk tidak membuang sampah sembarangan,” kata H Syaeful.

“Pada waktu yang bersamaan kami berikan sosialisasi tentang pentingnya kebersihan lingkungan pada warga. Sesuai dengan Perbup 84 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kebersihan Mulai membuang sampah pada tempatnya hingga pada sanksi jika membuang ke sungai atau aliran sungai,” kata Saepul.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, warga dapat mengerti bahwa pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Mandalawangi Hj Elsa Marliana S, ST menyampaikan pemberantasan sarang nyamuk ini bermula dengan adanya warga yang terjangkit DBD. Dan hari ini kami laksanakan poging di sekitar lingkungan RT 03/05 dengan jumlah KK 46 di lakukan pengasapan.

“Hari ini kami bersama Dinkes Pandeglang, didampingi Kasi Trantibsih sebanyak 20 rumah warga lingkungan secara keseluruhan dilakukan pengasapan atau poging untuk menghindari terjangkiti DBD,” kata Elsa.

Elsa juga meminta warga untuk selalu menjaga pola hidup bersih.

“Karena sarang nyamuk ada dimana-mana, termasuk menutup pada penampungan air supaya bintik nyamuk tidak ada. Dan biasakanlah menggunakan lotion anti nyamuk serta terus tingkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan melakukan pengawasan jentik nyamuk per rumah 1 orang,” imbaunya.**

Penulis (SN)

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *