Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa barat | Pemerintah Desa Tamansari Kecamatan Pangakalan Kabupaten Karawang gelar acara hajat budaya sekaligus memperingati hari kemerdekaan RI ke-77.

Acara digelar di lapangan Desa Tamansari, ribuan warga Desa Tamansari berbondong-bondong berantusias turun ke jalan dengan membawa pernak-pernik seputar kemerdekaan dan budaya berupa Ngarak Dongdang, Kuda renggong, Marching band, Wayang golek, dan kendaraan hias, juga bakti sosial berupa santunan anak yatim piatu. Hajat budaya dalam tema  “Ngaruat Sareng Milangkala HUT Republik Indonesia ke-77”, Sabtu (20/8/2022).

Kepala Desa Tamansari, Ai Ratnaningsih kepada Mediasuararakyat.com mengatakan, “kegiatan Ngaruat, atau tasyakuran, sebagai bentuk rasa syukur kami pada Allah SWT, adapun Pesta Rakyat berupa karnaval, pertunjukan wayang golek yang diadakan oleh pemerintahan Desa Tamansari tersebut merupakan wadah untuk mengekpresikan semarak perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77. Setelah dalam kurun waktu 2 tahun lamanya semarak itu harus ditahan akibat adanya pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah kita bisa merayakan HUT RI ke 77 ini dengan bebas dan meriah karena pandemi sudah mulai melandai dan hari ini kami mengadakan kegiatan, hajat budaya, ngaruat desa, intinya kami bersyukur atau tasyakuran kepada Allah SWT”, ucap Ai Ratnaningsih, seusai membuka kegiatan Ngaruat desa atau tasyakuran dan karnaval.

Ai Ratnaningsih juga mengatakan kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Desa Tamansari di 15 RT yang ada di wilayah Desa Tamansari.

“Untuk perencanannya, kita rencanakan kegiatan ini hanya dua Minggu sebelumnya, dan Alhamdulillah respon dari masyarakat begitu antusias untuk mengikuti kegiatan ini, dan Pesan saya, untuk masyarakat Desa Tamansari, semoga kedepannya lebih, guyub lagi tumbuhkan persatuan dan kesatuan dengan berjiwa gotong royong, dan searah dengan program pemerintah Desa”, ungkapnya.

Sementara itu, sekretaris daerah kabupaten Karawang, Drs. H. Acep Jamhuri, M.Si  yang juga menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, “mengapresiasi pemerintah Desa Tamansari yang di pimpin kades, Ai Ratnaningsih yang mana masyarakatnya masih tertanam jiwa gotong royong dan menjunjung bhinneka tunggal Ika.

“Ya kami lihat dari  kegiatan-kegiatan ini, dari mulai ada festival dongdang, juga festival, kreativitas tiap RT,  dan termasuk acara berdoa bersama, acara sukuran ngaruat,  penampilan seni, wayang golek, ini bahwa kearifan lokal budaya- budaya di wilayah atau di daerah, itu harus kita kembangkan, dan harapan kedepannya tidak hanya desa Tamansari saja, saya ingin semua desa yang ada di wilayah kabupaten Karawang bisa seperti ini, bisa mempertahankan kebudayaannya yang ada di daerah nya masing-masing, “ungkapnya.

Penulis : Jay

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!