Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) menyelenggarakan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ( PAMSIMAS).

Program pamsimas merupakan program, pemberdayaan masyarakat di bidang air minum dan sanitasi yang melibatkan masyarakat secara aktif mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan pengolahan, Selasa (23/08/2022).

Program pamsimas ini adalah program kolaboratif, yang melibatkan berbagai stakeholder mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakat, termasuk dukungan dari bank dunia, pemerintah Australia, dan dari dunia usaha melalui CSR.

Ketua kelompok pamsimas di desa Sukamakmur diduga tidak transparan terhadap anggaran pamsimas yang di terima, pasalnya kepala desa sampai RT/ RW, tidak di beritau besaran anggarannya padahal proyek pengerjaannya sudah di mulai, dengan adanya pengeboran sumur dalam tersebut bahkan ketua Rt dan sekaligus anggota kelompok.

“Saya jadi bingung belum ada sosialisi terhadap program pamsimas ini” ujar Iwan selaku ketua RT ketika dikonfirmasi oleh mediasuararakyat.com, Selasa (23/08/2022).

Di tempat terpisah, Dede sudrajat selaku kepala desa Sukamakmur kecamatan Telukjambe Timur mengatakan bahwa terkait proyek Pamsimas yang sudah mulai pekerjaannya tersebut belum ada laporan.

“Belum ada laporan ke saya terkait besaran anggaran pamsimas padahal proyeknya sudah di mulai”, kata Dede Sudrajat pada media.

Dede Sudrajat berharap program ini transparan dan bisa dipertanggung-jawabkan dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Saya tegaskan program pamsimas ini harus transparan dan bisa di pertanggung jawabkan, agar masyarakat bisa merasakan program pamsimas ini,” pungkasnya.

Penulis : Tirta

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!