mediasuararakyat.com, Pandeglang, Banten | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabuapten Pandeglang membuka pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Pembantu di Kecamatan Cibaliung di jalan alun-alun Utara No. 5 Desa Sukajadi.

Hal tersebut dilakukan sebagai komitmen untuk meningkatkan kualitas dan akses pelayanan kesehatan hewan dengan membangun jaringan pelayanan kesehatan hewan di wilayah Pandeglang selatan.

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan mengatakan, Puskeswan akan beroperasi Senin (5/9/2022) dengan lima hari kerja yang akan dilayani oleh empat petugas kesehatan hewan terdiri dari dua dokter hewan dan dua paramedik veteriner. Dengan wilayah kerja Puskeswan Pembantu Cibaliung meliputi 8 kecamatan yakni Cibaliung, Cibitung, Cimanggu, Sumur, Cikeusik, Munjul, Angsana dan Kecamatan Sindangresmi.

“Kita akan operasikan besok (Senin), Puskeswan Pembantu Cibaliung merupakan jaringan pelayanan kesehatan hewan ketiga yang dia rintis setelah sebelumnya dia telah mengembangkan Puskeswan Pembantu di Kecamatan Menes dan Kecamatan Labuan beberapa waktu lalu,” kata Ade Setiawan, Minggu (4/9/2022).

Menurut Ade, tahun ini Kabupaten Pandeglang telah memilki empat fasiltas pusat kesehatan hewan yang akan memudahkan akses warga masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hewan secara lebih merata.

“Harapannya dengan adanya empat Puskeswan di Kabupaten Pandeglang akan lebih mendekatkan warga masyarakat, peternak dan pemilik hewan peliharaan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hewan yang memadai,” ujarnya.

Apalagi, kata Ade, kualitas pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pembantu setara dengan pelayanan di UPT Puskeswan Pandeglang karena sama-sama dilaksanakan oleh dokter hewan berwenang.

“Hanya saja dari aspek kelengkapan peralatan dan jenis obat-obatan di UPT Puskeswan Pandeglang lebih lengkap dibanding Puskeswan Pembantu,” katanya.

Soalnya, kata Ade, Puskeswan merupakan pusat kesehatan hewan yang berfungsi memberikan pelayanan di bidang kesehatan hewan, meliputi konsultasi mengenai kesehatan hewan, pemeriksaan hewan, pengobatan dan pencegahan penyakit hewan maupun vaksinasi. Menurut dia, metode pelayanan Puskeswan yang diterapkan selama ini yakni pelayanan pasif, pelayanan semi aktif dan pelayanan aktif kepada masyarakat.

“Ada dua cara pelayanan yang diberikan yaitu pelayanan dalam gedung Puskeswan Pembantu Cibaliung memberikan pelayanan setiap Hari Selasa dan Kamis (pelayanan pasif-red.) dan pelayanan luar gedung yaitu pelayanan Dokter Hewan keliling setiap Hari Senin dan Jumat (pelayanan aktif dan semi aktif-red.),” tuturnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *