Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Jaringan Tenaga Rakyat (LSM PJTR) menggelar acara Sosialisasi Program Penurunan  Sunting di lingkungan Sukamanah RW.022 RT. 01 Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang, Sabtu (17/09/2022).

Sosialisasi Stunting tersebut juga dimeriahkan dengan lomba membuat nasi tumpeng yang pesertanya merupakan ibu-ibu warga RW.022 Karawang Wetan. 

Peserta Juara Lomba Tumpeng

Jumlah kelompok ibu-ibu yang mendaftar ada enam kelompok dari tiga  wilayah RT, yaitu RT. 01, 02 dan 04.

Sementara pada kegiatan tersebut yang menjadi narasumber adalah tenaga kesehatan dari Puskesmas Adiarsa, yaitu Bidan Winda Yunilasari S.ST, koordinator bidan Puskesmas Adiarsa yang didampingi Bidan Kelurahan Karawang Wetan Casfenisari A.Md. Keb.

Saat pemaparan, Bidan Winda menyampaikan apresiasinya atas terlaksana kegiatan sosialisasi stunting tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Di posyandu aja ibu-ibu yang ngumpul ga sebanyak ini,” kata Winda.

Bidan Winda juga menghimbau kepada para ibu-ibu yang hadir untuk selalu memeriksakan kesehatan kandungan dan balitanya.

“Stunting itu bisa dicegah, maka dari itu ibu-ibu yang sedang hamil rutin memeriksakan kandungannya ke puskesmas, kalau repot ke puskesmas, periksanya ke posyandu juga boleh,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Karawang Wetan yang turut hadir mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi stunting yang dipadukan dengan lomba membuat tumpeng sangat positif.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali, karena sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Karawang. Saya berharap dengan adanya lomba membuat tumpeng ini, bisa  dapat menumbuhkan UMKM,” ujar Lurah Ave Maman.

Lanjut Lurah Ave, kami juga melakukan sosialisasi terkait stunting dalam rapat minggon.

“Untuk tahun lalu tidak ada kasus stunting di wilayah Karawang Wetan, namun menurut bidan tahun ini ada satu yang sedang dipantau,” terang lurah.

Adapun hasil dari lomba tersebut, juara 1 diraih peserta dari  RT. 02, juara 2 RT.01 dan Juara ke 3 RT 04. Ketiga juara mendapatkan hadiah uang tunai termasuk kelompok peserta lainnya.

Hadir pada kegiatan tersebut selain 3 RT yang ada di Lingkungan 022 , Ketua RW 022 dan Lurah Karawang Wetan serta ibu-ibu warga Lingkungan Sukamanah RW 022. (tgh) 

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!