Mediasuararakyat.com – Tangerang, Banten | Kabar duka dan ucapan belasungkawa kepada Ketua Dewan Pers Indonesia Azyumardi Azra di usia ke 67 tahun, datang dari Ketua LSM GERHANA Indonesia Inuar Gumay SH, yang juga salah satu wartawan senior di Kabupaten Tangerang.

Dalam pesan singkatnya Inuar Gumay kepada Awak Media mengabarkan jika Ketua Dewan Pers Indonesia Azyumardi Azra dikabarkan meninggal dunia pada hari Minggu (18/09/2022) di Rumah Sakit, Selangor, Malaysia.

“Innalillahi wa innalillahi rajiun. Telah meninggal dunia Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof. Dr. Azyumardi Azra di Rumah Sakit Kedah, Selangor Malaysia hari Minggu 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat,” terang pesan WhatsApp Inuar Gumay yang diterima Awak Media, Minggu (18/09/2022).

Meninggalnya Guru Besar UIN Jakarta itu juga dibenarkan oleh Ketua LSM GERHANA Indonesia, Sekarang jenazahnya sedang diurus oleh kedutaan.

“Doakan, ya, turut dimaafkan. Kaget saya, masih kaget syok banget,” kata Inuar Gumay kepada wartawan.

Gumay, mengatakan kabar duka Azyumardi meninggal dunia tersebut terkonfirmasi setelah sebelumnya beliau sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Selangor, Malaysia.

“Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, semoga Prof Azra, Husnul Khotimah. Aamiin.. YRA”.

Menurut Inuar Gumay, terakhir kali bertemu Azyumardi Azra, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, itu saat memberikan siraman rohani pada perayaan syukuran dan peluncuran buku HUT Ke-50 Harian Kompas di Bentara Budaya Jakarta.

“Cendekiawan yang sempat menjadi Rektor UIN Jakarta ini tutup usia setelah mendapat serangan jantung di pesawat dalam perjalanan dari Jakarta menuju Malaysia,” ungkapnya.

“Selamat jalan Prof Azyumardi Azra. Belum hilang rasa sedih kita kehilangan Buya Syafii Maarif, kini ditambah dengan berpulangnya Buya Azra. Semoga husnul khatimah,” ungkap Inuar Gumay.

“Beliau itu sempat menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998 dan mengakhirinya pada 2006,” terangnya.

Lebih lanjut Ia ungkapan, sepanjang hidupnya, Azyumardi Azra lebih banyak berkutat dalam dunia pendidikan. Namun, dia juga pernah menjadi wartawan Panji Masyarakat pada tahun 1979-1985. Posisi terakhirnya adalah Ketua Dewan Pers yang dilakoninya sejak 19 Mei 2022.

Perlu diketahui, beliau melawat ke Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September dan dari Pikiran-pikiran kritisnya telah banyak memberikan kontribusi bagi Negeri ini.”Selamat jalan, Prof. Azyumardi Azra,” pungkas Inuar Gumay SH.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!