Mediasuararakyat.com – Medan, Sumatera Utara | Anggota komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS Hidayatullah, SE mengingatkan bahwa pemerintah harus memprioritaskan UMKM sebagai upaya menghadapi resesi global.
Hal ini disampaikan beliau usai memberikan ceramah dalam acara Seminar Ketahanan Keluarga yang diselenggarakan oleh Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD Partai Keadilan Sejahtera Kota Medan di gedung Quba Asrama Haji , Jl. AH. Nasution Medan Johor, Ahad 20 Rabiul Awal 1444 H / 16 Oktober 2022 M.

Menanggapi pertanyaan tentang resesi global yang akan terjadi, Pembina UMKM Syariah Sumatera Utara ini mengatakan bahwa untuk menghadapi resesi, kita tidak cukup mengandalkan bantuan sosial saja tetapi juga harus menggaungkan dunia usaha.

“Menghadapi resesi, tidak lah cukup hanya dengan bantuan sosial itu sifatnya hanya sementara, setelah itu mau diapain?. Kita juga harus mengupayakan dunia usaha seperti UMKM,” jelas Hidayatullah.

Anggota komisi XI DPR RI yang juga selaku Pembina UMKM di Sumatera Utara ini menyoroti sektor UMKM, Karena menurutnya perhatian pemerintah terhadap pelaku UMKM masih minim.

“Perhatian kita ke UMKM baru hanya sekedar narasi, tidak ada upaya maksimal, walaupun banyak yang mengurus tapi tidak terkoordinasi”, ujarnya.

“Padahal kalau sektor ekonomi masyarakat di gerakkan, ini dapat menopang secara baik perekonomian Indonesia,” tandasnya.

Hidayatullah juga menggaris bawahi perlunya memberikan kemudahan akses untuk para UMKM.

“Untuk menguatkan UMKM, kita harus memberikan mereka akses yang lebih banyak, dan berikan mereka kemudahan pinjaman”, jelasnya.

Hidayatullah menegaskan bahwa untuk meningkatkan eksistensi pelaku UMKM, pemerintah perlu mengulurkan tangan lebih dahulu kepada pelaku untuk kemudahan aksesnya.

“Saya mencermati salah satu masalah mereka sulit berkembang karena permasalahan modal, maka dari itu memanfaatkan koperasi BUMDes atau lembaga yang dekat dengan masyarakat serta memberikan mereka bantuan modal,” pungkasnya.

Penulis : A Azis/S Hadi Purba

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!