mediasuararakyat.com – Cilegon, Banten | Nilai-nilai kepahlawanan di tengah generasi muda saat ini terus digerus gaya hidup kekinian. Jika kalangan menengah ke atas mengusung gaya hidup hedonis, maka di kalangan menengah ke bawah sifat apatis lah yang menggerus rasa kepedulian terhadap orang lain.

Padahal nilai-nilai kepahlawanan tetap dibutuhkan saat ini. Bahkan mungkin lebih dibutuhkan dari sebelum-sebelumnya. Jika dahulu musuh bersama bangsa ini adalah kaum penjajah. Sekarang ini musuh yang dihadapi bersama jauh lebih banyak. Narkoba, korupsi, kemiskinan, kebodohan, kejahatan dan kekerasan, hingga degradasi moral adalah sekian dari banyaknya musuh generasi muda bangsa ini.

Untuk memunculkan kembali nilai-nilai kepahlawan tersebut, pada momentum Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini, Pemkot Cilegon melalui Diskominfo sebagai OPD induk Pemkot Cilegon TV (PCTV) meluncurkan Lomba Film Pendek Pahlawan Masa Kini 2022.

“Semangatnya adalah mengajak generasi muda merefleksikan nilai-nilai kepahlawanan yang bisa dilakukan di keseharian. Misalnya antikorupsi, antinarkoba atau gerakan cinta lingkungan,” papar Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Pahlawan masa kini, menurut Helldy, sebetulnya bisa ditemukan melekat dalam diri banyak orang dengan profesinya masing-masing.

“Guru yang berdedikasi mendidik murid-muridnya dengan sepenuh hati, relawan bencana alam, atau pendonor darah pun bisa dikategorikan sebagai pahlawan masa kini,” tutur Helldy.

Lewat lomba ini, diharapkan para generasi muda bisa meninterpreasikan dan merefleksi nilai-nilai tersebut melalui kegiatan kreatif kekinian.

“Itulah mengapa kami memilih film pendek,” jelas Kepala Diskominfo Kota Cilegon Didin S Maulana.

Lomba Film Pendek Pahlawan Masa Kini adalah lomba kali kedua diselenggarakan oleh Diskominfo dan PCTV. Sebelumnya pada bulan April 2022 lalu, lomba film pendek mengambil tema Ucapan HUT ke-23 Kota Cilegon.

“Kami ingin menyampaikan kepada publik bahwa PCTV ini bukan kanal berita kegiatan pemerintahan semata, tetapi juga bisa menjadi wadah pembinaan kreativitas anak muda di bidang perfilman dan broadcasting,” imbuh Didin.

Lomba Film Pendek Pahlawan Masa Kini terbuka untuk umum. Peserta tidak dipungut bayaran alias gratis. Lomba menyediakan hadiah uang tunai senilai total 6 juta rupiah untuk 3 pemenang. Hadiah dipersembahkan oleh BPRS Cilegon Mandiri. Hadiah lainnya adalah voucher kamar Aston Cilegon Boutique Hotel. Info lengkap lomba bisa diperoleh di nomor: 0813-1734-7406 dan 0859-6312-7610.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!