Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Puluhan Pelajar mulai dari tingkat SD/MI sampai Mahasiswa mengikuti kegiatan Fun Camp di Saung Karuhun, Desa Gunungsari Kecamatan Mandalawangi yang di selenggarakan pada 05-06 November 2022.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Gerakan Literasi Masyarakat Pandeglang (Gelimang) dan Rumah Dongeng Khatulistiwa berkolaborasi dengan beberapa organisasi pegiat Literasi Organisasi Mahasiswa dan beberapa organisasi masyarakat dengan konsep “Fun Camp” konsep kemah literasi yang menyenangkan.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan budaya literasi individual masing-masing, sehingga akan tertularkan di keluarga, sekolah dan masyarakat sekitarnya, kegiatan selama dua hari ini di isi dengan rangkaian, materi tentang literasi budaya dan pariwisata yang ada di Pandeglang, pelatihan mendongeng, edukasi publik speaking, menyediakan buku-buku bacaan yang menarik, mengadakan perpustakaan keliling, nonton bareng edukasi literasi dan kebangsaan, tentang motivasi hidup, ice breaking, panggung ceria dan senam bersama,” kata Asep Saya Hidayatullah selaku Ketua Gelimang.

Kegiatan tersebut dihadiri unsur Dinas Pendidikan dan olahraga, Dinas perpustakaan, Dinas Pariwisata, Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang, kormin pendidikan mandalawangi, PGRI Mandalawangi, Kepala Puskemas Mandalawangi, pegiat Literasi dari berbagai organisasi yang ada di kecamatan Mandalawangi.Ketua Gelimang menjelaskan bahwa tujuan diadakan kegiatan itu untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat mulai dari anak kecil sampai dewasa, menciptakan aktor-aktor pegiat literasi, menciptakan pendongeng yang berkualitas, mengenalkan budaya pandeglang dan pariwisata Pandeglang.

“Selain itu untuk menumbuhkan bakat menulis dan bercerita, membangun generasi muda yang kreatif, inovatif dalam dunia pendidikan,” sambung Asep Saya Hidayatullah.

Dalam kesempatan tersebut H. Saepudin Azid Kabid Layanan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pandeglang mengatakan Pegiat literasi adalah ujung tombak baginya, karena dengan adanya sentuhan para pegiat literasi pihaknya yakin budaya literasi akan berkembang secara pesat di kalangan masyarakat.

“Dengan diadakan kegiatan seperti ini kami sangat mendukung karena anak-anak saat ini yang hadir merekalah aset kami dalam mengembangkan Literasi. Kami dari perpustakaan, komitmen akan selalu mensuport kegiatan dengan menyediakan pusling/mobil pintar, dan memfasilitasi nonton bareng tentang motivasi literasi,” ungkapnya.

“Maka kami sangat menitipkan kepada Gerakan Literasi Masyarakat Pandeglang (Gelimang) untuk tetap berjuang menjadi aktor literasi di masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Dr. H. Maman Rukmana selaku pembina Gelimang sekaligus Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pandeglang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memiliki keunikan dengan melibatkan para pihak.

“Oleh karena itu kami sangat mendukung dan apresiasi kepada Gelimang dan rumah dongeng khatulistiwa yang menginisiasi kegiatan Fun Camp. Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk semua kalangan,” ujarnya.

“Semoga kedepannya masyarakat Pandeglang akan terbiasa dengan budaya literasi,” tukasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!