Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Kementerian Desa Republik Indonesia (Kemendes RI) dan Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) menunjuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten sebagai salah satu uji coba percontohan dalam pengelolaan keuangan transparan dan akuntabel di seluruh Indonesia.

Hal demikian disampaikan Arif Purwantara selaku penggerak swadaya masyarakat atau Ahli Muda dari Pusat Pengembangan daya saing desa daerah tertinggal dan transmigrasi pada Kemendes RI, kepada wartawan, Selasa (20/12/2022) disela-sela kunjungannya di Desa Bandung tersebut.

Menurut Arif, kegiatannya ke Desa Bandung itu bagian dari pra sosialisasi terkait dengan Kemendes dalam penyusunan laporan keuangan BumDes yang akuntabel berbasis digitalisasi, karena yang selama ini laporan keuangan BUMDes Bandung masih sistem manual dan tidak bisa dibaca oleh tim audit.

“Maka Kementerian Desa berinisiatif untuk membuat keputusan menterian bisa digunakan untuk semua BUMDes yang akuntabel dan memudahkan orang lain bisa menanam saham di BUMDes tersebut, karena bisa diaudit secara akuntabel dan transparansi publik,” beber Arif.

“Ini baru tahap sosialisasi pengenalan dan tahun 2023 akan dilakukan pendampingan, Desa Bandung yang pertama dan akan menjadi uji coba percontohan secara nasional khususnya di Provinsi Banten,” sambungnya.

Kemendes, lanjutnya bekerjasam dengan STAN yang akan memberikan pendampingan di BUMDes Bandung tersebut.

“Kita bekerjasama dengan STAN sebagai teknis dalam penyusunan keuangan yang nanti akan mendampingi dalam pelaksanaannya bersama para mahasiswa sebagai salah satu pengabdian STAN,” ujarnya.

Pihaknya berharap BUMDes di seluruh Indonesia menjadi profesional dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan berdasarkan audit secara publik sehingga bisa tahu bahwa BUMDes itu sehat atau tidak dalam keuangannya.

Ditempat yang sama, Tanda Setia selaku Kepala Sistem Development Gools Desa Senter (SDGDS) atau Politehnik Keuangan STAN yang didampingi Andi Hamsah yang merancang aplikasi itu bisa ofline dan online menjelaskan, bahwa kunjungan ke BUMDes Bandung itu dalam rangka untuk melakukan pendampingan, yang pertama baru sosialisasi terlebih dahulu mengenai Keputusan Menteri tentang Pedoman penyusunan laporan keuangan BUMDes untuk seluruh Indonesia dan baru pertama dilakukan di Desa Bandung sebagai uji coba sesuai standar akuntan Indonesia, dimana seluruh BUMDes menggunakan pedoman tersebut.

“Alhamdulillah dari BKN STAN dan Kemendes mengambil pilot projects di Desa Bandung yang baru pertama kali dikunjungi, karena warga BUMDes Bandung di Provinsi Banten mewakili ketingkat nasional selain itu respon dari Kades Bandung cukup baik untuk menyambut kita agar pengelolaan keuangan BUMDes-nya yang masih manual menjadi akuntabel dan transparan melalui digital sesuai dengan standar,” jelasnya.

Dirinya berharap BUMDes Bandung mudah-mudahan akan lebih baik lagi karena sudah meraih penghargaan ditingkat nasional dalam pemerintahan desa.

“Makanya kami datang ke Desa Bandung sebagai percontohan dalam pengelolaan keuangan BUMDes-nya yang akuntabel melalui sistem digital. Dan kami tidak berhenti disini, akan ditindakalanjuti melalui pendampingan dengan Tri Dharma perguruan tinggi STAN melalui pengabdian beberapa bulan nanti dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam penyusunan keuangan BUMDes sampai cita-cita kami nanti BUMDes Bandung bisa diaudit oleh Akuntan Publik yang manfaatnya banyak. Sekali bagi BUMDes-nya melalui aplikasi berbasis Excel,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Desa (Kades) Bandung, mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan serta dijadikan BUMDes-nya sebagai uji coba atau percontohan dalam pengelolaan keuangan sistem digital dan akuntabel tersebut.

“Kami bersama para pengurus BUMDes Bandung menyambut baik kedatangan dari Kemendes RI dan STAN ke desa kami. Semoga para pengurus BUMDes Bandung sungguh-sungguh mengikuti sosialisasi dan pendampingan nanti, sehingga bisa diaplikasikan dalam pelaksanaannya,” tuturnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!