Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Soal kandidat Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang yang menggantikan Penjabat (Pj) Sekda Taufik Hidayat yang akan berakhir pada April 2023 mendatang, sudah ramai diperbincangkan siapa yang layak dan tidak.

Diketahui ada beberapa pejabat eselon II dilingkungan Pemkab Pandeglang yang mulai ramai dibicarakan untuk menduduki kursi orang nomor 1 dibirokrat tersebut, diantaranya Moch. Amri yang kini menjabat Kepala BKD Pandeglang, Kurnia sebagai Asda II, Ramadhani selaku Asda III, Yahya Gunawan selaku Kepala BPKD dan Ali Fahmi Sumanta selaku Kepala Inspektorat, serta Kepala DPUPR Asep Rahmat yang disebut-sebut sebagai kuda hitam yang dinilai layak untuk menjadi Sekda Pandeglang tersebut.

“Benar kita tahu bahwa Pak Taufik selaku Pj Sekda Pandeglang sekitar bulan April 2023 nanti akan pensiun. Semua orang tahu siapa yang layak menggantikan posisinya (Sekda,-red), ia adalah pejabat eselon II yang loyalitasnya tinggi pada Bupati Irna,” ungkap Tabrani K selaku aktivis BP3B bidang hukum dan politik saat berbincang dengan wartawan, Senin (09/01/2023).

Menurut Tabrani yang juga salah satu advokat ini, bahwa hingga saat ini belum ada Sekda devinitif di Pemkab Pandeglang setelah beberapa bulan mengalami kekosongan dan kemudian dijabat oleh Pj Sekda Taufik Hidayat.

“Soal sekda siapa yang layak itu adalah hak prerogatif Bupati, suka tidak suka dan apakah akan kembali diduduki Pejabat (PJ) lagi apakah nanti devinitif? Itu hak bupati,” katanya, seraya menambahkan bahwa sekda bisa dinilai memiliki nuansa politis meskipun merupakan jabatan karir tertinggi di ASN.

“Yang pasti penunjukan sekda adalah semi politis, siapa yang paling dekat dan loyalitasnya tinggi pada Bupati, ia (pejabat,-red) akan berpeluang untuk jadi sekda,” pungkasnya.

Beberapa pejabatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyampaikan bahwa tahun 2023 banyak pejabat eselon II dan III yang akan purna bakti (pensiun) termasuk Pj Sekda tersebut.

“Iya pertengahan tahun 2023 nanti banyak eselon 2 dan 3 yang akan pensiun termasuk Pak Sekda April mau pensiun. Semua pada tahu ada tiga orang yang layak untuk ikut lelang jabatan sekda,” tutur pejabat eselon III ini yang tidak mau disebutkan namanya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!