Img 20230110 Wa0000

Mediasuararakyat.com – Aceh Timur, Aceh | Open rekrutmen Panwaslu Kelurahan Desa dilakukan guna memberi kesempatan Kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi Pada Pemilu 2024.

Ketua Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Madat, Abubakar mengatakan pihaknya telah membentuk Pokja Pembentukan Panwaslu Kelurahan Desa dipimpin Kordiv SDM Abubakar

Sosialisasi perekrutan Panwascam untuk Pemilu 2024 dilakukan melalui berbagai cara. Bawaslu memanggil putra putri terbaik di Kabupaten Aceh Timur Kecamatan Madat untuk mendaftar Panwaslu Kelurahan Desa akan dilakukan secara terbuka dan transparan.

“Menjadi pengawas pemilu merupakan kesempatan terbaik mendarmabaktikan diri untuk bangsa dan negara,” kata Abubakar.

Abubakar menjelaskan penetapan pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kelurahan Desa itu ditandai dengan keluarnya Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor 5/KP.01/k1/01/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024.

Tahapan Proses Seleksi Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan Desa

Ketua Pokja, Abubakar mengatakan tanggal 9 -13 Januari 2023 merupakan tahapan Sosialisasi dan Pengumuman Pendaftaran Calon Panwaslu Kelurahan Desa Adapun pendaftaran dan penerimaan berkas calon Panwaslu Kelurahan Desa berlangsung selama 6 hari, yakni mulai 14 hingga 19 Januari 2023.

Tahap selanjutnya adalah penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon Panwaslu Kelurahan Desa tanggal 14 hingga 19 Januari 2023.

“Apabila nanti jumlah pendaftar belum terpenuhi dan atau pemenuhan keterwakilan pendaftar perempuan belum terpenuhi, maka dimungkinkan akan ada masa perpanjangan pendaftaran calon anggota Panwaslu Kelurahan Desa hingga tanggal 26 Januari 2023,” kata Abubakar.

Abubakar menegaskan pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kelurahan Desa dilaksanakan secara terbuka dengan setidaknya dua tahap seleksi. Dua tahap seleksi tersebut diantaranya seleksi penelitian berkas administrasi, dan tes wawancara.

“Pokja juga membuka tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap para pendaftar,” kata Abubakar.

Sekretaris Pokja Pembentukan Panwaslu Kelurahan Desa, Hasanah,S.E menuturkan beberapa syarat mengikuti seleksi Panwascam, yakni WNI, pada saat pendaftaran berusia paling rendah 21 tahun, setia kepada Pancasila dan UUD 1945. Kemudian tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan dan mempunyai integritas. Berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu.

“Untuk keterangan persyaratan lengkapnya dapat diakses pada pengumuman resminya di kanal website Bawaslu Kabupaten Aceh Timur maupun akun media sosialnya. Pokja juga Sudah menyebarkan pengumuman resminya di beberapa titik tempat pengumuman di masing masing Desa,” kata Hasanah,S.E.

Menurut rencana, Panwaslu Kelurahan Desa terpilih akan dilantik dan diberikan pembekalan pada 5-6 Februari 2023.

Penulis : Zulfitri

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!