Img 20230131 Wa0006

Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa barat | Peresmian Dan Launching Dojo Training Center SMK IPTEK Sanggabuana Pangkalan Bersama PT. Astra Daihatsu Motor

Kegiatan berlangsung di kampus SMK IPTEK Sanggabuana dan diresmikan langsung oleh Manajemen Division Head Karawang Engine Plant PT. Astra Daihatsu Motor dengan dihadiri Muspika Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru beserta stakeholder lainnya, Selasa (31/1/2023).

Dalam Sambutannya Novi Lekwandi selaku Division Head Karawang engine plant PT. Astra Daihatsu Motor, menyampaikan “bahwa ini menjadi komitmen Daihatsu terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

“Peresmian dan Penandatanganan Kerjasama ini menjadi wujud nyata komitmen Daihatsu terhadap kepeduliannya akan dunia pendidikan di Indonesia, melalui peningkatan kompetensi sekolah vokasi, serta menyelaraskan antara kebutuhan dunia industri otomotif dengan dunia pendidikan melalui Program Pintar Bersama Daihatsu,” ucapnya.

Sejumlah kelengkapan sarana pelatihan yang tersedia di tempat pelatihan tersebut, di antaranya adalah Dojo Assembling yang mengajarkan proses perakitan kendaraan, Dojo Welding mengajarkan teknik dasar pengelasan serta peralatan-material yang digunakan di industri otomotif.

Selanjutnya ada Dojo Behaviour sebagai dasar budaya industri yang fokus dalam pengembangan karakter, Dojo K3 yang mengajarkan pemahaman terhadap menduga potensi bahaya, dan Dojo Measurement untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan alat ukur.

Fasilitas Dojo ini juga dikembangkan di sejumlah sekolah vokasi lainnya, di antaranya SMK Pratama Mulya Ciampel, SMK Lentera Bangsa, dan SMK Muhammadiyah 2 Cikampek. 

Hingga saat ini, PT ADM telah membina 439 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia, berkomitmen untuk mendukung pembelajaran pelajar SMK baik hard skill maupun soft skill. Ada kesempatan untuk bekerja di PT ADM bagi para pelajar lulusan SMK tersebut.

Sementara, Kepala Sekolah SMK IPTEK Sanggabuana Pangkalan Obay Sobari S.Pd, M.Pd, menambahkan “Peresmian Dan Launching Dojo Training Center ini merupakan kerjasama antara SMK IPTEK Sanggabuana dengan PT. Astra Daihatsu Motor yang sudah bermitra selama hampir dua tahun dari program PBD hingga sekarang puncaknya program Dojo Training Center,

“Alhamdulillah hari ini telah diresmikan dan launching di SMK IPTEK Sanggabuana bersama PT. Astra Daihatsu Motor dan langsung beberapa manajemen bisa hadir meresmikan dan dihadiri juga pihak Muspika Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru,” ujar Obat

“Dan bentuk kerjasamanya adalah program pengembangan SDM guru dari pelatihan sinkronisasi kurikulum sertifikasi guru pelatihan tekhnision pro tekhnision serta pelatihan Dojo Training Center Yang dilakukan di sekolah kami sebagai bentuk pembelajaran yang berdasarkan projektil dari dunia usaha dan dunia industri,” lanjutnya

“Saya berharap dengan adanya Dojo Training Center ini anak-anak kami tentunya lulusan dari SMK IPTEK Sanggabuana ketika masuk industri anak-anak sudah mempunyai habit dan punya life skill, softskill karena sebelumnya kita sudah di training terdahulu melalui Dojo Training Center”, harap Obay.

“Dan ketika sudah lulus di perusahaan, jadi perusahaan tidak usah mentraining lagi karena memang mengacu pada kurikulum merdeka, pelaksanaan ini bisa terintegrasi dari kelas XI dan di kelas XII,” pungkasnya.

Penulis : Jay

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!