Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Perkembangan jaman begitu cepat, kemajuan tekhnologi semakin canggih, sehingga memudahkan dalam pemasaran dan penjualan, terbukti dengan adanya sistem penjualan online, ojeg online dan taksi online.

Namun semua itu tidak mampu menggeser sistem penjualan manual yang telah ada. Seperti yang dilakukan para pedagang kaki lima atau pedagang jalanan. Apalagi para pedagang jalanan, mereka berkeliling menjajakan barang dagangannya, kalaupun berhenti atau mangkal jika sudah menemukan tempat yang sekiranya barang dagangannya laku terjual.

Para pedagang kaki lima atau pedagang jalanan adalah pelaku usaha yang merupakan pejuang ekonomi bagi keluarganya juga pejuang ekonomi bagi bangsa ini, karena perekonomian bangsa ini disumbang sebagaian besar oleh para pelaku usaha kecil dan menengah, salah satunya para pedagang kaki lima dan pedagang jalanan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Jajang Sulaeman, S.Sos yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), ketika ngobrol santai di acara hari ulang tahun ke-1 Asosiasi Pedagang Jalanan (APJ) yang berlokasi di Kampung Madang Desa Kertamanah Kecamatan Purwakarta Provinsi Jawa Barat, Minggu (05/02/2023).

Pada kesepatan itu, Jajang Sulaeman juga menyampaikan apresiasinya dengan adanya Asosiasi Pedagang Jalanan (APJ) di wilayah kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan kabupaten Karawang, karena menurutnya dengan adanya APJ, akan menjadi wadah atau tempat para pedagang jalanan bersilaturahmi dan berbagi informasi, sehingga segala permasalahan para pedagang dapat dimusyawarahkan atau berdiskusi untuk mendapatkan solusinya.

Menanggapi aspirasi pengurus APJ yang mengharap bantuan legalita asosiasi dan koperasi, Jajang Sulaeman menyatakan bersedia membantu.

“Untuk masalah legalitas asosiasi dan koperasi, saya siap membantu, dan sudah selayaknya saya sebagai wakil rakyat membantunya”, kata Jajang Sulaeman.

“Sebagai wakil rakyat, kami juga akan menjadi fasilitator antara pedagang dengan pemerintah, sehingga nantinya program-program pemerintah untuk UMKM dapat diketahui, termasuk adanya pembinaan dan pelatihan”, lanjutnya.

Menurutnya, “pemerintah memerlukan orang-orang yang berjiwa mandiri, mau berusaha, seperti para pedagang jalanan ini, jadi sewajarnya pemerintah memberikan bantuan, baik permodalan, pembinaan dan pelatihan”, tutupnya

Penulis : DKS

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!