Mediasuararakyat.com – Tangerang, Banten | Kepala Desa (Kades) harus mulai mampu menggali potensi yang dimiliki oleh Desanya masing-masing. Potensi Desa yang diharapkan menjadi salah satu program unggulan bagi setiap Desa. Hal itu dikatakan Hj Aida Hubaedah, SE, MM selaku Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Dapil 2 Fraksi Demokrat.

Menurut Aida sangat penting Desa tahu apa potensi unggulan yang dimiliki wilayahnya masing-masing.”Sebab potensi itu nantinya harus dijadikan program unggulan agar bisa berkembang,” kata wanita yang memiliki julukan ARP (Aida Ratu Pantura) dalam sesi Interaksi pada Musrenbang Kecamatan Sukamulya (13/02/2023).

Politikus Demokrat ini menuturkan, sebagai contoh misalnya ada Desa yang memiliki potensi yang baik di bidang pertanian. Maka pemerintah Desa-nya harus bisa mendorong program Desa itu untuk mendukung kesuksesan pertaniannya.

“Atau ada Desa yang punya potensi pariwisata yang sangat baik, maka pemerintah Desa harus bisa mendukung penganggaran agar lokasi wisata itu bisa berkembang,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika suatu Desa itu terkenal dengan olahan makanan, maka pemerintah Desa pun harus mendukung untuk kemajuan olahan makanan tersebut sebagai ciri khas Desa.

“Jadi potensi Desa ini harus diketahui dan tentunya potensi setiap Desa itu pasti ada. Kalau perlu, dibentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola potensi yang ada di Desa. Sehingga, BUMDes pun bisa memberikan kontribusi ke Desa dalam wujud setoran Pendapatan Asli Desa (PADesa),” tandasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *