Img 20230221 Wa0303

Mediasuararakyat.com – Serang, Banten | Mantan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri pembukaan MTQ Kabupaten Serang 2023 di Alun-alun Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Selasa (21/02/2023).

Andika mengaku mendorong MTQ Kabupaten Serang tahun ini menghasilkan qori dan qoriah serta anggota kafilah cabang lainnya yang berprestasi. Pasalnya Andika menilai Kabupaten Serang layak untuk kembali menjadi juara umum pada MTQ Provinsi Banten.

“Melalui MTQ kali ini saya harap lahir qori qoriah berprestasi supaya Kabuoaten Serang bisa jadi juara umum di MTQ Provinsi Banten lagi,” katanya usai acara kepada wartawan.

Menurut Andika, harapannya itu bukan semata harapan. Hal itu mengingat relaitasnya Kabupaten Serang memiliki track record sebagai juara umum di MTQ Provinsi Banten.

Hal itu dinilai Andika sebagai sebuah kewajaran dan keharusan mengingat Kabupaten Serang dikenal sebagai daerah relijius Islami yang banyak melahirkan ulama-ulama besar dan memiliki tradisi dan nilai-nilai Islami yang kuat.

Yang menarik, Andika yang hadir dalam kapasitasnya sebagai tokoh pemuda Provinsi Banten tersebut sebelumnya mendapat doa khusus dari panitia MTQ Kabupaten Serang 2023.

“Di sini juga Alhamdulillah hadir tokoh pemuda Provinsi Banten, Bapak Andika Hazrumy,” kata Ketua Panitia MTQ Kabupaten Serang 2023 Nanang Supriatna dalam laporannya.

Nanang yang juga menjabat sebagai Asisten Daerah I Pemkab Serang tersebut menyebut Andika yang merupakan mantan Wagub Banten tersebut saat ini di antaranya masih mencurahkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk Provinsi Banten di antaranya sebagai Ketua Karang Taruna Provinsi Banten.

“Kita doakan bapak Andika ke depan dapat mendarmabaktikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk Kabupaten Serang,” kata Nanang.

Sementara itu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya berharap ajang MTQ bukan hanya sebatas acara kompetisi membaca, menulis dan memahami Al Quran sehingga kafilah kecamatan hanya berorientasi pada kemenangan.

“Ajang MTQ bukan hanya soal menang atau kalah, juara atau tidak juara,” kata Tatu.

Lebih dari itu, Tatu berharap ajang MTQ dapat menjadi penyebaran pemahaman agama Islam yang rahmat untuk semua umat manusia.

Menurutnya hal itu tidak kalah pentingnya untuk digaungkan saat ini di tengah kecenderungan beragama di Indonesia bahkan dunia yang berkotak-kotak atau berkelompok-kelompok.

Tatu juga berharap ajang MTQ Kabupaten Serang kali ini dapat menjadi sarana pembinaan generasi muda Kabupaten Serang untuk menjadi generasi yang Islami sekaligus memiliki nasionalisme dan kepedulian terhadap sesama.

“Menjadi penting mengupayakan hal itu saat ini, mengingat generasi muda adalah aset bangsa sehingga harus dihindarkan dari hal-hal yang menjerumuskan,” paparnya.

Untuk diketahui, MTQ tersebut diikuti oleh 1.856 peserta dari 29 kecamatan. Ada 10 cabang dan 24 golongan yang dilombakan dengan tempat perlombaan masing-masing cabang golongan tersebar di sekitar alun-alun Kramatwatu.

Adapun untuk dewan hakim, terdapat 110 orang dewan hakim yang pada acara pembukaan tersebut langsung dilantik oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Pembukaan MTQ kali ini dimulai dengan defile para kafilah dari 29 kecamatan yang melintasi panggung utama. Selain itu hadir pula Idrus Liga dangdut atau Lida 2021 yang memeriahkan acara pembukaan tersebut.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *