Img 20230226 Wa0215

Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Sektor Mandalawangi Polres Pandeglang, Polda Banten, mengadakan rapat konsolidasi dan pemantapan program kerja.

Rapat konsolidasi tersebut dipimpin ketua Pokdar Kamtibmas Polsek Mandalawangi Masito di hadiri jajaran Polsek Mandalawangi Kanit Binmas Aipda Rona dan KSPK Bripka Kiki Baehaki, Koptu Samsudin Noor selaku perwakilan Koramil 0105/Mandalawangi di rumah kediaman anggota Pokdar kampung Pasirkoer Desa Pandat kecamatan Mandalawangi, pada Minggu (26/02/2023).

Dalam Rapat Konsolidasi Pokdarkamtibmas tersebut mengagendakan beberapa hal yaitu sebagai ajang silaturahmi dan malam keakraban, sekaligus susun agenda kerja.

“Ini adalah sebuah wujud nyata dari soliditas yang patut ditiru oleh anggota lainnya,” ungkap Kanit Binmas Aipda Rona.

Seperti diketahui bahwa telah dikukuhkan kepengurusan yang baru Pokdarkamtibmas Ranting Polsek Mandalawangi periode 2021-2026 dibawah kepemimpinan Masito.Dikatakan Kanit Binmas Aipda Rona, menjaga Kamtibmas yang kondusif merupakan hal yang prioritas dan tugas semua pihak.

“Semua kita berperan untuk saling menjaga kondusifitas, apalagi dengan adanya Pokdar Kamtibmas ini di tengah masyarakat, selain dari tugas dan fungsi penegak hukum,” terang Rona.

Keberadaan Pokdar Kamtibmas itu tak diragukan lagi, karena Pokdar merupakan organisasi binaan Polri.

“Kewenangannya tentu tak sama dengan Polisi, namun keberadaan Pokdar ditengah masyarakat untuk membantu kinerja polisi,” ucapnya.

Tampak para anggota yang hadir terlihat akrab dan kompak saling bercengkrama, sambil menyimak sambutan dan arahan para pimpinan.

“Upaya pencegahan dan langkah-langkah persuasif perlu dikedepankan dalam menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat. Sehingga tidak semua persoalan yang ada berujung di pengadilan, apalagi sekarang kita juga sudah menerapkan restorative justice, masyarakat perlu diberi pemahaman tentang ini,” tuturnya.

“Pesan saya marilah kita tetap jaga kekompakan meskipun kita ini organisasi sosial tetap tanggung jawab harus dijalankan,” ucapnya.

Perlu diketahui ungkap Masito, bahwa Pokdar Kamtibmas yang berada di bawah naungan Polres Pandeglang Polda Banten itu mampu bekerjasama dengan semua pihak dalam menjaga Kamtibmas khususnya di lingkungan kecamatan Mandalawangi dengan mengedepankan sikap preemtif persuasif.

Selaku ketua, Masito mengimbau agar seluruh jajaran anggota Pokdar Kamtibmas mampu bekerjasama dalam hal menjaga Kamtibmas, tetap mengacu pada tugas dan wewenang yang telah diatur dalam AD/ART organisasi.

“Peran kita untuk menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat, namun harus tetap mengacu pada aturan yang ada, tetap berkoordinasi dengan Polri dan pengurus Pokdar Kabupaten. Membantu menyelesaikan persoalan dengan acara preemtif persuasif di wilayah masing-masing,” imbaunya.

Pihaknya juga meminta peran aktif seluruh anggota Pokdar Kamtibmas yang telah dikukuhkan dalam menjalankan tupoksi di tengah masyarakat.

“Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan kirimkan surat untuk seluruh stakeholder di kecamatan Mandalawangi terkait keberadaan Pokdar ini, sehingga nantinya bisa bersama-sama dalam rangka mewujudkan Kamtibmas di wilayah,” tandasnya.

Sementara, ditempat terpisah, Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pandeglang Rully Purnama menjelaskan bahwa, Pokdar Kamtibmas tingkat ranting dilantik langsung oleh Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, SH,MIK,SH.

“Kepengurusan tingkat ranting telah dilantik oleh bapak Kapolres Pandeglang pada Rabu 08 Februari 2023 lalu,” ujarnya singkat.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!