Img 20230302 Wa0014

Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Kepala Desa Sukamakmur Kecamatan Telukjambe Timur bersama jajarannya mengevakuasi warga terdampak banjir di Dusun 1 Tegalluhur sebanyak 366 KK.

“Kami evakuasi warga, karena ketinggian air meningkat mencapai 50-80 cm sehingga warga di evakuasi ketempat atau titik pengungsian di rumah ibu Hj. Anyi Rt 03 / Rw 02 Kp. Tegalluhur,” ujar Dede Sudrajat Kades Sukamakmur pada mediasuararakyat.com via WA , Kamis (02/03/2023).

Kang Ebo panggilan Kades Sukamakmur mengatakan, hujan terjadi dengan intensitas tinggi menyebabkan volume air mengalami kenaikan. Volume air yang tinggi tidak mampu tertampung sehingga mengalir ke daerah di bawahnya. 

Menurut Kang Ebo, banjir di Dusun 1 Tegalluhur  yang cukup parah  Ketinggian air hingga 50-80 centimeter menyebabkan air masuk hingga ke rumah warga katanya. 

Ada yang unik dalam proses evakuasi, .menggunakan bambu yang disusun menyerupai perahu getek orang menyebutnya.  Jalur tertutup dengan air, sehingga menyulitkan jika dievakuasi dengan kendaraan. Terlebih lagi untuk warga yang sudah tua, nak balitanya dan ibu hamil dengan perahu membantu proses evakuasi tersebut.

Dari data yang diperoleh ada 964 orang, balita 78, bayi 4 dan ibu hamil 6 terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka mengungsi hingga air surut dan dinyatakan aman.

Mengenai korban meninggal, Ivong Bettryanto menyatakan nihil. Sedangkan untuk hewan ternak yang hanyut atau mati, pihaknya hingga kini belum mendapatkan laporan.

“Kalau korban manusia nihil. Kalau ternak, kami belum dapat laporan jika ada ternak yang mati atau hanyut,” ucap kang ebo..

Ia juga mengatakan air sudah surut, namun pihaknya tetap meminta warga untuk waspada terhadap ancaman banjir yang bisa saja terjadi lagi. (tgh)

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!