Download 1

Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Hari Pendidikan Nasional 2023 jatuh pada Selasa, 2 Mei 2023. Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tahun yang bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia juga sebagai Pahlawan Nasional  Ki Hajar Dewantara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merilis tema dalam rangka peringatan Hardiknas 2023. Tema Hari Pendidikan Nasional 2023. Menurut Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah &Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar&.

Dalam hal ini, perkembangan pendidikan Indonesia erat dengan perjuangan Ki Hadjar Dewantara sebagai perintis pendidikan bagi kaum pribumi di era penjajahan Belanda.

Melalui tulisan-tulisannya, Ki Hadjar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia saat ini dijadikan sebagai semboyan pendidikan Indonesia, yakni & Tut Wuri Handayani & artinya : Dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan.

Senada dalam menyongsong merdeka belajar pada hari ini, betapa perlunya peningkatan kualitas pendidikan masa kini, yang merupakan hal terpenting dalam kehidupan individu dan bermasyarakat karena memiliki potensi untuk mengubah arah gerak bangsanya.

Generasi sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas belajar mereka dinilai lebih holistik dan lebih efisien.

Dalam pemanfaatan teknologi dan informasi misalnya pada realita pola hidup keseharian, sangat berdampak besar pengaruhnya dalam menentukan arah gerak pada sektor pendidikan. Tentu, teknologi pada hari ini mungkin banyak membantu kita, tetapi jika teknologi memproleh terlalu banyak kekuatan atas hidup kita, besar kemungkinan kita menjadi sandera bagi tiap agendanya.

Sejalan dengan merdeka belajar yang menekankan pembelajaran yang mendalam untuk mengembangkan karakter dan potensi dengan hadirnya platform digital mestinya kegiatan belajar mengajar bisa lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Sebab bangku pendidikan bukan hanya tentang nilai dan gengsi belaka. Tapi, tentang orang-orang yang kalian temui, pengalaman yang kalian jalani, skill yang kalian latih, pemahaman yang kalian raih. Pendidikan itu seperti membeli situasi, yang mendorong kalian terus belajar & belajar.

Oleh : Badri Tamami

DPC POSNU Kota Bekasi

Deden Solehudin

Editor : Deden Solehudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!