Img 20230603 161417

Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Popularitas Bupati Pandeglang Irna Narulita terus melaju. Kendati tak terpikir oleh dirinya, Bupati perempuan di Banten itu mampu dikenal publik dengan cepat.

Peneliti Pusat Kajian Ilmu Pemerintahan UNMA Banten sekaligus Kaprodi Ilmu Pemerintahan UNMA Banten, Arif Mulyawan mengatakan, popularitas Irna mencapai 42,9 persen, hanya selisih tak sampai 10 dan 8 persen dengan kompetitor-kompetitornya, misal Airin dan Iti Jayabaya.

“Kalau kandidat gubernur Irna Narulita, popularitasnya sudah cukup tinggi,” kata Arif dalam diskusi publik ‘Membedah Elektabilitas pada Pilgub Banten 2024’ yang diselenggarakan oleh Pandeglang Corner, Sabtu (3/6/2023).

Pusat Kajian Ilmu Pemerintahan UNMA menggelar survei pada 19 Maret – 4 April 2023 dengan 800 responden. Margin of error sebesar 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Arif menambahkan, keluarga menjadi salah satu influencer utama dalam Pilgub Banten. Preferensi orang dipengaruhi lingkungan keluarganya.

“Maka model kampanye door to door cukup efektif dalam meningkatkan awareness ke kandidat,” ujarnya.

Arif mengatakan, menarik mencermati capaian popularitas Irna. Irna sudah melakukan kerja politik sejak beliau menjabat sebagai Bupati. Bahkan, bisa dikatakan Irna cukup rajin mengisi acara kerakyatan di berbagai daerah di Pandeglang.

“Maka dengan selisih cukup besar itu, Irna Narulita mengirim pesan bahwa dia seorang petarung, pelaku politik yang dengan cepat membangun jejaring, piawai merespons dinamika lapangan, dan cakap memasarkan gagasannya,” ujar Arif.

Tentu saja, sambung Arif, cepatnya popularitas Irna terdorong juga karena dukungan birokrasi dan relawan lainnya. Arif menambahkan, tantangan ke depan Irna untuk terus memacu pengenalannya.

“Nah tinggal bagaimana Irna bergerak selincah mungkin. Kalau dari posisi saat ini, terlihat Irna lebih lincah bergerak,” kata Arif.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!