Img 20230623 Wa0071

Mediasuararakyat.com – Pandeglang, Banten | Menara Pandang Cikadu yang berlokasi di Kampung Cikadu Desa Tanjungjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Merupakan Menara Penampungan Air yang di kerjakan PT Karya Sepakat Makmur (KSM) dengan daya tampung air mencapai 200 Meter kubik, saat ini sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kampung Cikadu Desa Tanjungjaya Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten.

Ditahap awal penyaluran air bersih untuk sementara kami sudah salurkan kepada 50 rumah di wilayah Kampung Cikadu, Desa Tanjungjaya, kedepannya untuk masyarakat pemanfatannya akan dikembangkan langsung oleh pihak PDAM nantinya, untuk penampungan menara Cikadu sendiri ini berkapasitas besar dengan daya tampung mencapai 200 Meter kubik air bersih yang layak untuk dikonsumsi.

Hal itu dikatakan Irfan fauzi perwakilan dari PT KSM saat dihubungi wartawan di menara Cikadu, Kamis (22/06/2023).

Proyek, Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) merupakan program pembangunan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten.

Untuk air bersih yang ditampung di menara Cikadu di pompa dari BOOSTER PUMP Panimbang dengan Kapasitas Tampungan air bersih di BOOSTER PUMP mencapai 500 Meter kubik yang di pompa dari proyek IPA KSPN Desa Karyasari Kecamatan Sukaresmi yang dikerjakan oleh PT Linggar Bhakti Teknika dengan konsultan PT Ciriajasa EC KSO dan PT Binatama Wirawredha Konsultan.

“Kapasitas yang di hasilkan dari IPA SPAM KSPN yang sudah, 100 persen kami kerjakan dan sudah memproduksi 100 liter air perdetik dari air baku aliran sungai ciliman di Desa Karya sari Kecamatan Sukaresmi,” ucap Taupik Hidayat perwakilan dari PT Linggar Bakti Teknika saat di temui di lokasi pekerjaan IPA Sukaresmi.

Adapun pekerjaan yang sudah selesai 100 persen oleh pihak PT Linggar Bakti Teknika, berupa, pembuatan Intake dengan dengan kapasitas 1400 meter kubik, IPA berkapasitas 100 liter perdetik, reservoar dengan kapasitas 1000 meter kubik dan aksesoris pelengkap seperti rumah jaga, rumah kimia, kantor dan lainnya.

Sementara itu David Falindungan Manurung selaku PPK Air Minum Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Banten menambahkan proyek Jaringan Distribusi Utama (JDU) IPA KSPM dan SPAM KSPN memang sudah selesai pekerjaan dari awal pengambilan air baku, pengolahan hingga distribusi kepada masyarakat.

“Kami menilai proyek JDU IPA KSM dan SPAM KSPN udah selesai dan sudah bisa dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!