Img 20230829 Wa0001

Mediasuararakyat.com – Simalungun, SUMUT | Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) melalui tim kerja pembentukan DPC menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) di Rumah Makan Balian Jaya Bombongan, Kecamatan Bandar, Sabtu 26 Agustus 2023.

Muscab dihadiri para tokoh tokoh Simalungun bermarga purba dari 14 puak yang berada di wilayah Simalungun Hataran atau yang biasa disebut di daerah Simalungun bawah.

Acara diawali dengan makan bersama yang di jamu oleh Ketua pemegang mandat HPSI Simalungun Hataran, Ruslan Purba. Kemudian Musyawarah Cabang dibuka Ketua Umum Mangapul Purba SE yang diwakili oleh Sekretaris Umum DPP HPSI Rohdian Purba SSi MSi yang juga sebagai ketua tim konsolidasi, didampingi pengurus HPSI lainnya yakni Djapaten Purba MBE sebagai penasehat, Rikardo Purba Bendahara Umum, Pardo Purba Wakil Sekretaris, Rimbatsen Purba Departemen Adat Budaya, Adv Agus Purba SH sebagai Departemen Hukum dan HAM.

Dalam sambutannya, Rohdian Purba menjelaskan bahwa tokoh-tokoh marga Purba dari 14 puak sepakat membentuk organisasi Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) pada tanggal 11 Maret 2023 lalu di Pematang Siantar, tepatnya di momen memperingati sejarah Surat Perintah Sebelas Maret.

Dia menjelaskan, bahwa sesuai dengan hasil keputusan rapat kerja DPP HPSI pada tanggal 13 Agustus 2023, telah ditetapkan satu cabang HPSI yaitu DPC HPSI Simalungun Hataran.

“Untuk itulah maka hari ini kita melaksanakan Musyawarah Cabang di wilayah ini,” katanya.

Beliau menjelaskan bahawa visi dari HPSI adalah terwujudnya marga Purba Simalungun yang maju, sejahtera dan mandiri untuk membangun Indonesia. Sementara misinya antaralain : Meningkatkan kesatuan dan persatuan marga Purba Simalungun berdasarkan kekeluargaan, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) marga Purba Simalungun, memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) marga Purba Simalungun di berbagai aspek kehidupan di bidang eksekutif, legislatif, judikatif, pengusaha, praktisi, wiraswasta dan bidang bidang ainnya. Kemudian melestarikan adat budaya Simalungun di Keluarga Besar marga Purba Simalungun.

“Organisasi HPSI ini dibentuk atas rasa kekeluargaan dengan motto Sadani Riah Do Parsaud Ni Horja Pakon Sura-Sura,” sebutnya.

Dia juga menjelaskan bahwa organisasi ini bukanlah organisasi politik tapi merupakan organisasi independen berazaskan Pancasila dan UUD 1945. Namun untuk mencapai tujuan dan visi misi dari HPSI tidak terlepas dari strategi atau kerja kerja politik tapi bukan politik praktis.

Kehadiran HPSI ini sangat dirindukan oleh seluruh marga Purba baik di daerah ini maupun di luar Sumatera Utara. Itu terbukti bahwa di Kota Batam juga telah terbentuk pengurus yang akan dilantik pada awal bulan November 2023, dan menyusul di daearah lainnya seperti daerah Simalungun, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Deliserdang, Medan dan daerah lainnya.

Musyawarah Cabang selanjutnya di pimpin oleh pemegang mandat yaitu Ruslan Purba, Raliaman Purba dan Sapprudin Purba serta di dampingi oleh pengurus DPP HPSI. Musyawarah berjalan dengan baik secara kekeluargaan dan demokratis dan secara aklamasi peserta musyawarah memilih Ruslan Purba sebagai Ketua, Sapprudin Purba sebagai sekretaris dan Raliman Purba sebagai Bendahara.

Disepakati juga untuk menyusun kompopsisi kepengurusan, telah dipilih 7 orang menjadi tim formateur yaitu KSB yang terpilih ditambah 4 orang yaitu Jonni Purba, Umar Bais Purba, Aliaman Purba dan Janner Purba. Tim formateur akan bekerja selama 1 bulan.

Ruslan Purba, sebagai ketua terpilih yang pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Simalungun dalam sambutannya menyatakan bahwa dirinya siap dan akan membesarkan organisasi Harungguan Purba Simalungun Indonesia di wilayah Simalungun Hataran sampai ketingkat Kecamatan dan tingkat nagori/kelurahan.

“Kami marga Purba Simalungun yang ada di daerah simalungun bawah sudah rindu akan kehadiran Harungguan Purba ini. Karena dari visi misi organisasi ini sangat visioner, baik di bidang pengembangan sumber daya manusia maupun pelestarian adat budaya Simalungun,” jelasnya.

Oleh karenanya, begitu informasi diperoleh bahwa telah terbentuk HPSI, masyarakat di daerah ini khususnya marga Purba Simalungun langsung memberi respon.

“Itu terbukti, hari ini kita telah melaksanakan Musyawarah Cabang padahal baru 2 minggu kami menerima mandat untuk pembentukan pengurus. Saya juga berterimakasih kepada DPP HPSI dan seluruh marga Purba yang ada diwilayah ini telah mempercayai saya sebagai ketua, mari kita tunjukkan bahwa marga purba dari 14 rumpun memiliki kompetensi dalam membangun Simalungun ini, dengan hadirnya HPSI di Simalungun Hataran kiranya membawa manfaat bagi masyarakat di daerah ini, kita juga siap untuk berpartisipasi aktif untuk proses pemekaran Kabupaten Simalungun, sehingga bisa terwujud menjadi Kabupaten Simalungun Hataran,” jelas Ruslan.

Ruslan Purba juga menjelaskan bahwa kepengurusan HPSI Simalungun Hataran harus yang pertama kali dilantik oleh DPP HPSI, sehingga direncanakan pelantikannya di bulan September 2023, dan beliau langsung memfasilitasi kantor sekretariat, begitu juga dengan uniform para pengurus.

Acara musyawarah di akhiri dengan Doa penutup yang dibawakan oleh bapak Umar Bais Purba dan dilanjutkan dengan Ramah Tamah. (S.Hadi Purba)

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!