Img 20230913 Wa0096

Mediasuararakyat.com – Banten | Dihadapan ratusan satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Mandalawangi, Komandan rayon militer (Danramil) 0105 Mandalawangi, Kodim 0601 Pandeglang, Kapten Inf Suratman menghadiri dan memberikan materi pencegahan mitigasi bencana.

Acara pelatihan pencegahan mitigasi bencana diikuti oleh 150 anggota Satlinmas dari 15 Desa yang berada di wilayah kecamatan Mandalawangi tersebut berlangsung di lapangan Kadumaria, Desa Mandalawangi, pada Rabu (13/09/2023).

Dalam kesempatan itu, Danramil Suratman secara singkat menyampaikan bahwa pentingnya penanggulangan bencana secara bersama-sama seperti gunung meletus, banjir, gempa bumi, kebakaran hutan dan tanah longsor.

Lebih lanjut Suratman mengatakan bahwa secara teori berdasarkan siklus waktu giat penanganan bencana dibagi 4 kategori.

“Ke empat kategori itu antaranya, giat sebelum bencana terjadi (Mitigasi), giat saat bencana terjadi (evaluasi), giat tepat setelah bencana terjadi (pencarian dan penyelamatan) dan giat pasca bencana (pemulihan, penyelamatan, perbaikan dan rehabilitasi),” ujarnya.

Dikatakannya, upaya penanggulangan bencana adalah peran pemerintah menjadi sangat penting dan strategis. Ketika bencana terjadi di luar kemampuan masyarakat, tetapi jika bencana terjadi dapat ditanggulangi maka sudah sepatutnya masyarakat menitik beratkan pada pencegahan dan kesiapsiagaan.

Selanjutnya, Danramil Suratman juga menyampaikan agar seluruh Kepala Desa dan Satgas Siaga Bencana serta komponen masyarakat dapat memberikan informasi tentang situasi didaerahnya.

“Hal ini guna antisipasi penanggulangan bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” tandasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!