Img 20230916 Wa0002

Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Pemerintah Desa Cintalaksana gelar Ngaruwat Desa Cintalaksana (Hajat Bumi) dan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Karawang ke 390, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam Acara Ngaruwat yang digelar oleh pemerintahan desa, terdapat juga serangkaian kegiatan yang dilakukan atau dilaksanakan seperti, Sunatan massal, Ziarah kubur, ruwatan, Ngarak Dongdang, dan hiburan pagelaran wayang golek yang berlokasi di Kampung Cilaksana Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Sabtu (16/9/2023).

Turut hadir dalam kegiatan Ngaruwat, Muspika Tegalwaru dan stakeholder lainnya dan masyarakat yang turut meramaikan jalannya kegiatan.

Kepala desa Cintalaksana H. Agus Sulaeman mengatakan, Acara ruwat desa ini di laksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Acara ruwat desa ini sengaja di laksanakan sebagai rasa syukur kepada allah swt. “, ujarnya.

Acara ruwat desa Cintalaksana terdiri dari sunat masa, Ngarak Dongdang dari beberapa kedusunan, tawasulan atau ziarah kubur di makam para leluhur desa cintalaksana dan Wayang Golek sebagai penutupnya.”, ungkapnya.

IMG-20230916-WA0003

“Alhamdulilah tadi pagi sudah di laksanakan acara sunat masal yang terdiri dari delapan anak dan di lanjutkan acara ngarak dongdang. Insya allah nanti sore sampai malam akan ada wayang golek sebagai hiburan untuk masyarakat, ” ucap Agus.

Sementara itu Camat Tegalwaru Bunawan S.E, M.Si, Mengapresiasi kegiatan seperti ini karena merupakan salah satu budaya masyarakat Sunda dari turun-temurun sejak nenek moyang dan terus dilestarikan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Cintalaksana yang telah melestarikan budaya yang hampir punah ini, ” ujar camat

“Saya berharap kegiatan Ngaruwat (Hajat Bumi) dan ziarah ke makam Keramat mbah Nasam dapat membawa berkah bagi masyarakat, tak hanya warga, tapi juga untuk para petani dan pedagang yang berjualan, ” harap camat.

“Kita harus gali potensi yang ada, kita akan tingkatkan dan melakukan pembinaan agar menjadikan salah satu budaya yang menarik di wilayah Desa nya masing-masing yang ada di wilayah kecamatan Tegalwaru”, tutupnya.

Jurnalis : Jay

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *