Img 20230920 Wa0001

Mediasuararakyat.com – Banten | Jelang Pemilihan legislatif (Pileg) 2024 sebanyak 18 partai politik (Parpol) kembali akan berbut kursi di DPR RI dari Daerah pemilihan (Dapil) 1 Banten yaitu Kabupaten Lebak-Pandeglang.

Pada Pileg 2019 lalu hanya ada 6 wakil rakyat dari Banten Selatan yaitu Dr.H. Achmad Dimyati Natakusumah,SH, MH,MSI dari Fraksi PKS, Ade Rossi dari Frasi Golkar, Ali Zamroni dari Fraksi Gerindra, Rizki Aulia Rahman Natakusumah dari Fraksi Demokrat, Hasbi Jayabaya dari Fraksi PDI-P dan Iip Miftahudin dari Fraksi PPP.

Menurut Tabrani Kemal,SH salah satu pengamat dari Badan Pemantauan Pembangunan Provinsi Banten (BP3B) bidang Hukum dan Politik ini memprediksi ada dua parpol yang miliki kans bisa duduk di Senayan dan akan berjuang keras untuk meraih kursi DPR RI kembali pada Pileg 2024 mendatang yang akan mendapat simpati masyarakat di Dapil Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang yakni Partai Nasdem dan PKB yang akan kembali mendulang suara dan bisa merebut kursi DPR RI tersebut.

“Kedua partai itu sebelumnya pernah duduk di kursi DPR RI mewakili masyarakat Dapil 1 Banten pada Pileg 2014 lalu. Kita melihat dari perkembangan perpolitikan saat ini khususnya di Banten Selatan ada satu parpol yang akan kegeser posisinya kursi wakil rakyat di Senayan yakni PPP, itu prediksi dari analisa dan hitung-hitungan matematik,” katanya.

Dikatakannya, analisa itu dilihat selain dari sosok para calon legislatif (Caleg) DPR RI dari masing-masing parpol yang memiliki kans menang baik dari popularitas, elektabilitas dan kos politik yang dimiliki oleh masing-masing caleg termasuk strategi politik yang dilakukan.

“Nasdem dan PKB punya kans bisa duduk di Senayan untuk Dapil 1 Banten, Calon Presiden (Capres) yang diusungnya juga akan sangat mempengaruhi dan menambah kans besar para Caleg baik PPP, PKB maupun Partai Nasdem,” ujarnya.

“Yang pasti untuk PDIP, Demokrat, PKS, Golkar, PDI-P,  kita melihat masih tetap akan mendapat kursi DPR RI,” sambungnya lagi.

Hal senada juga disampaikan Levi salah satu akademisi dari Kabupaten Pandeglang, bahwa semua memiliki peluang yang sama untuk memperebutkan hati rakyat terutama parpol yang ada keterwakilannya di DPRD Kabupaten maupun Provinsi Banten.

“Yah masing-masing parpol terutama partai besar memiliki peluang untuk menargetkan perolehan kursi di DPRD Kabupaten Pandeglang dan Lebak sesuai target perolehan suara agar bisa duduk di DPRD Kabupaten, Provinsi dan Pusat,” katanya singkat.

Diketahui beberapa Parpol yang ikut konstelasi pada 14 Februari 2024 yaitu seperti PDI-P, Golkar, Gerindra, Demokrat, PKS, PPP, Nasdem, PAN, PKB, Hanura, Gelora, PBB, PKN, PSI, Perindo, Partai Umat, Partai Garuda Republik Indonesia dan Partai Buruh. Kedelapan belas Parpol belum bisa dimintai keterangannya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!