Img 20230925 Wa0287

Mediasuararakyat.com – Banten | Dinas Lingkungan (DLH) Kabupaten Pandeglang memberikan edukasi kepada siswa SMPN 1 Pandeglang tentang pentingnya peduli terhadap lingkungan sejak usia dini.

Kepala Dinas Lingkungan (DLH) Pandeglang, Ratu Tanti Darmiasih, mengungkapkan apresiasinya terhadap kepala SMPN 1 Pandeglang atas upaya dalam pengolahan sampah di sekolah melalui Projek Penguatan Profil Pancasila (P5). Projek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar mereka.

“Tema utama P5 kali ini adalah gaya hidup berkelanjutan yang mendukung keberlanjutan lingkungan. Kami berharap semua sekolah dapat memupuk kepedulian terhadap lingkungan, baik di dalam maupun di luar sekolah, agar menjadi bagian dari nilai-nilai mereka sendiri,” ungkap Ratu, Senin 25 September 2023.

Dalam konteks ini, pihaknya menekankan bahwa edukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai kebersihan lingkungan, menjadikan masalah sampah sebagai tanggung jawab bersama seluruh masyarakat.

“Melalui sosialisasi ini, kami ingin mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan pola hidup sehat. Kebersihan dan kesejahteraan lingkungan adalah tanggung jawab bersama kita semua,” katanya.

Dikatakannya, dalam upaya mengurangi penggunaan limbah sampah, dia juga mendorong siswa untuk membawa peralatan makan dan minum dari rumahnya sendiri, menghindari penggunaan kantong plastik yang dapat meningkatkan akumulasi sampah.

“Siswa diharapkan membawa peralatan makan dan minum dari rumah, hal ini dapat mengurangi pemborosan dan menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah,” tambahnya.

Selain itu, Ratu Tanti Darmiasih menyampaikan pentingnya pemilahan sampah antara organik dan non-organik sebagai bagian dari edukasi ini, sambil berharap bahwa gaya hidup sehat terhadap lingkungan akan semakin ditingkatkan di Kabupaten Pandeglang.

Kepala SMPN 1 Pandeglang, Ruli Purnama, mengatakan, bahwa sekolahnya yang ditunjuk sebagai sekolah penggerak, menerapkan kurikulum merdeka dengan salah satu program unggulannya adalah Projek Penguatan Profil Pancasila (P5).

“Dalam projek tahun ini, kami mengambil tiga tema utama. Tema pertama adalah gaya hidup berkelanjutan dengan fokus pada pengolahan sampah. Kami menggunakan tagline ‘Annadhofatu Minal Iman’ atau ‘Is my life style’ (adalah gaya hidup saya) yang menarik bagi generasi muda karena siswa harus selalu mengikuti perkembangan zaman,” pungkasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!