Img 20231001 Wa0042

Mediasuararakyat.com – Banten | Seluruh jajaran pengurus Organisasi Masyarakat (Ormas) Forum Pemerhati Lingkungan Implementasi Pembangunan (F-PLIP) Provinsi Banten ikut menghadiri acara Kirab Merah Putih 1001 meter dalam rangka menyambut Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Kadumaria Desa Mandalawangi kecamatan Mandalawangi kabupaten Pandeglang.

Menurut Ketua Umum F-PLIP Provinsi Banten, Sumardi MS, bahwa dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pegiat seni budaya Banten bersama Harmoni Nusantara menggelar Kirab Merah Putih sepanjang 1001 meter dan 101 meter.

“Kami Ormas F-PLIP Banten sebagai bagian dari rakyat Indonesia hadir bersama ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat yang mengikuti kirab itu,” ungkap Sumardi kepada media, Minggu (01/10/2023).

“Melalui kirab merah putih ini diharapkan masyarakat memiliki jiwa nasionalismenya yang semakin bergelora untuk cinta tanah air, bangsa dan negara,” sambungnya.

Sementara Ketua Panpel Kirab Merah Putih Ratu Anita Tristiawati K.D MH, usai kirab bendera merah putih itu menjelaskan, acara Kirab merah putih sebagai simbol untuk merawat kebhinekaan dalam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga seluruh elemen menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan, guna menciptakan iklim yang kondusif dan sejuk di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“Kami mengajak masyarakat menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila secara utuh dalam kehidupan sehari-hari, untuk menciptakan kerukunan di tengah kemajemukan masyarakat Banten,” terangnya.

Ia mengharapkan masyarakat dengan mengisi dengan kegiatan positif, agar memberikan dampak yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, khususnya untuk mendorong memajukan pembangunan daerah di segala sektor.

“Masyarakat berperan serta mendukung proses pembangunan adalah wujud menghargai jasa-jasa para pahlawan, untuk meneruskan cita-citanya membangun bangsa dan negara termasuk Banten,” harapnya.

Diadakannya kegiatan itu dimaksudkan agar generasi muda di provinsi Banten khususnya kecamatan Mandalawangi kabupaten Pandeglang dapat kembali memahami dan menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila dalam setiap kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Kegiatan ini sebagai bentuk penanaman dan pewarisan jiwa perjuangan pahlawan revolusi, dan nilai-nilai luhur Pancasila. Salah satunya dengan mengirab bendera merah putih sepanjang 1001 meter,” katanya.

“Jadi ini memaknai bahwa merah putih merupakan sesuatu yang panjang, refleksi Negara Kesatuan RI dari Sabang hingga Merauke. Dan tadi dipegang, dikirab oleh Paskibra. Artinya itu suatu gambaran regenerasi, dan merah putih harus tetap berdiri dalam bingkai NKRI,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Laksamana Muda Muchammad Richad (Pa Sahli Tk.III Bid Polhukamnas Panglima TNI), Marsekal Muda Rushadi, Irjen Bambang Sucahyo (Asisten Deputi 2 Kemenko Polhukam Bidang Kejahatan Konvensional dan Kekayaan Negara), Brigjen TNI (Purn) Amalayah Tarmizi, Kolonel (Laut) Ashrof, Kombes Pol Agus Rasyid (Dir Tah ti Polda Banten), Kolonel CBA Arwan Asrib S.E. (Kasi log Kasrem Korem 064/MY), Letkol Cpl Tri Agung (Dandenpal III/4 Serang), Letkol Cba Moch. Basori, S.I.P., M.M. (Dandenbekang III-44-04/Serang), Letkol Cpm. Helmi Jefri, S.H. (Dandenpom III/4 Serang), Mayor Inf Wardoyo (Dantim Intel Korem 064/MY), KH. TB. Sangadiah., M.A. (Ketua Umum DPP Paguron Jalak Banten), KH.TB. Mubarok Waseh (Tokoh Banten) Muspika Kecamatan Mandalawangi dan warga sekitar.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *