Img 20231004 Wa0325

Mediasuararakyat.com – Banten | Mantan Wakil Gubernur (Waggub) Banten Andika Hazrumy menghadiri undangan rapat paripurna DPRD Banten tentang Hari Ulang Tahun ke-23 Provinsi Banten di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Rabu 4 Oktober 2023. Andika mengaku optimistis kemajuan daerah dan kesejahteraan warga dapat segera terwujud di Provinsi Banten.

“Kalau melihat track record dan potensinya kita harus optimistis Banten bisa segera menjadi daerah yang maju dan (warganya) sejahtera,” kata Andika kepada pers usai menghadiri peringatan HUT Banten ke 23 tersebut.

Dikatakan Andika, kemajuan daerah dan kesehateraan warga di Provinsi Banten merupakan cita-cita dari pendirian Provinsi Banten 23 tahun yang lalu saat didirikan oleh para pendirinya dengan memisahkan diri dari provinsi Jawa Barat. Selama 23 tahun berdiri, lanjut Andika, di mana dirinya juga pernah menjabat sebagai Wagub selama satu periode terakhir, dirinya melihat perkembangan kemajuan daerah telah mulai terlihat di Provinsi Banten.

“Di era saya mendampingi Pak WH (Gubernur Banten 2017-2022 Wahidin Halim), dasar-dasar pembangunan yang telah dirintis sejak era gubernur pertama, secara konsisten dilanjutkan,” katanya.

Dasar-dasar pembangunan dimaksud, kata dia, di antaranya adalah membangun sektor pelayanan dasar mulai dari pembangunan Pendidikan, Kesehatan hingga infrastruktur. 

“Kalau kiita review di periode terakhir itu kan kami telah berhasil membuat kebijakan mulai dari sekolah (SMA/SMK Negeri) gratis, pembenahan pelayanan Kesehatan hingga pembangunan infrastruktur jalan yang hampir 100 persen telah dijadikan berstatus mantap,” paparnya.

Dengan telah on the track-nya pembangunan di sektor pelayanan dasar dimaksud, kata Andika, Upaya untuk memajukan daerah dan mensejahterakan rakyatnya menjadi hanya tinggal melanjutkan ke tahap berikutnya. 

“Pendidikan adalah modal dasar kaitan masyarakat untuk Sejahtera. Infrastruktur yang bagus adalah modal pertumbuhan ekonomi. Tugas selanjutnya kita tinggal melanjutkan dan menjaganya,” imbuhnya.

Lebih jauh Andika mengungkapkan bahwa Provinsi Banten sendiri memiliki bergam potensi daerah sebagai modal untuk kemajuan daerah. Mulai dari potensi sumber daya alam yang beragam dan melimpah hingga potensi sumber daya manusia, kaitannya dengan bonus demografi dalama beberapa tahun ke depan.

Selanjutnya, Andika mengaku berpesan kepada semua stakeholder pembangunan di Provinsi Banten muai dari warganya hingga pemerintah, industry hingga perguruan tinggi untuk bergandengan tangan dan bahu membahu menjaga dan memajukan daerah secara bersama-sama sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. 

“Rasa memiliki terhadap daerah kit aini harus dimiliki bukan saja oleh pemerintah, tapi juga warganya dan stake holder yang lain. Karena dengan itu semua merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan daerah,” paparnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan sejumlah capaian kinerja pembangunan yang sudah dilakukannya, di depan seluruh anggota dan pimpinan serta tamu undangan yang hadir pada rapat paripurna istimewa HUT ke-23 Provinsi Banten, tersebut.

Al muktabar mengatakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau pengeluaran perkapita masyarakat di Provinsi Banten tumbuh dengan cepat. Pada tahun 2007 sebesar Rp13,03 juta naik menjadi Rp. 60,99 juta pada tahun 2022. 

“Pertumbuhan ekonomi Banten tahun 2023 ditargetkan pada kisaran 5,02-5,15 persen. Namun pada triwulan II 2023 sudah mengalami pertumbuhan sebesar 4,83 persen (y-on-y). Artinya target itu kita optimis bisa capai, bahkan bisa melampaui,” kata Al Muktabar singkat.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *