Img 20231005 Wa0162

Mediasuararakyat.com – Banten | Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) tingkat Kabupaten Pandeglang digelar dengan megah di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0601 Pandeglang pada Kamis (05/10/2023). 

Upacara tersebut menjadi momen bersejarah yang dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting daerah. HUT kali ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. 

Hadir juga Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita, Kajari Pandeglang Demha, Ketua Pengadilan Negeri Pandeglang, Hendy Eka Chandra, serta unsur Forkopimda lainnya, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan jajaran pejabat daerah.

Dandim 0601 Pandeglang, Letkol Inf. Suryanto, saat membacakan amanat Panglima TNI, mengatakan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

TNI telah mengatasi berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah dengan baik. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI, baik di dalam maupun di luar negeri, juga sangat tinggi menurut hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air.

Dandim Suryanto menekankan bahwa meskipun TNI telah meraih kepercayaan masyarakat dan prestasi yang tinggi, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan sedang dan akan dihadapi di masa depan yang tidaklah ringan. 

“TNI harus peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa,” ungkapnya.

“Dalam konteks mendukung Pemilu 2024, TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran agar pemilu berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” imbuhnya .

Dandim mengakhiri amanatnya dengan pesan kepada seluruh jajarannya untuk menjaga nama baik TNI dimanapun mereka berada dan selalu mengingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI.

Setelah upacara, dilaksanakan defile pasukan dan diikuti dengan pemotongan tumpeng dan kue sebagai bentuk syukuran HUT ke-78 TNI Tahun 2023. 

Dalam kesempatan itu Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah, menyampaikan ucapan selamat HUT TNI ke-78.

“Selamat ulang tahun tentara nasional Indonesia ke 78, kami berharap agar TNI-Polri semakin solid dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Pandeglang serta mensukseskan pemilu serentak di tahun 2024,” ucapnya singkat.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!