Img 20231009 Wa0062

Mediasuararakyat.com – Banten | Mantan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri undangan Rapat paripurna DPRD Kabupaten Serang tentang hari ulang tahun ke-497 Kabupaten Serang di gedung DPRD Kabupaten Serang, Minggu 8 Oktober 2023. 

Menurut Andika, keberhasilan pembangunan 10 tahun terakhir di bawah kepemimpinan Bupati Ratu Tatu Chasanah dirasakan oleh masyarakat.

Andika menilai wilayah dan warga Kabupaten Serang relative telah lebih baik dan sejahtera, serta dapat disejajarkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia yang sama-sama tengah giat membangun dalam rangka mengisi kemerdekaan pasca-kemerdekaan Indonesia 78 tahun lalu. Menurutnya, Kabupaten Serang saat ini telah memiliki dasar-dasar yang kuat untuk melanjutkan pembangunan dalam rangka memajukan daerah dan mensejahterakan warganya.

“Kalau kita bicara pembangunan kan titik tolaknya sejak kemerdekaan RI, dan itu pun jalannya tidak mulus, banyak sekali masa-masa di mana pemerintah dan pemerintah daerah tidak bisa maksimal dalam melakukan pembangunan,” kata Andika kepada media usai acara.

Namun begitu, lanjutnya, Pemkab Serang dengan segala dinamika yang terjadi selama itu telah berhasil meletakkan dasar-dasar pembangunan yang berorientasikan pelayanan masyarakat. Hal itu lebih terasa pada era kepemimpinan Bupati Tatu yang adalah Ketua DPD Golkar Provinsi Banten, selama dua periode terakhir. Menurutnya, hal itu diakui oleh semua kalangan dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kebetulan kan saya juga selaku kader Golkar yang tengah ditugaskan untuk maju mencalonkan diri menjadi Bupati Serang sekarang ini sedang keliling terus ke 29 kecamatan di Kabupaten Serang. Rata-rata masyarakat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bu Tatu,” paparnya.

Andika menyebut apresiasi masyarakat di antaranya terkait dengan infrastruktur jalan dimana masyarakat merasa sangat terbantu dengan telah dibetonnya jalan-jalan kabupaten hingga jalan desa di seluruh wilayah Kabupaten Serang. “Sampai ada istilah dari masyarakat sendiri, di daerah-daerah perbatasan Kabupaten Serang dengan kabupaten/kota lain itu, jadi kalau jalannya udah mulai bagus itu artinya kita sudah masuk wilayah Kabupaten Serang,” ujarnya.

Menurut Andika, pembangunan infrastruktur jalan bukan hal yang sepele mengingat di antaranya tidak sedikitnya anggaran yang dibutuhkan. Meski begitu, dengan perencanaan yang matang, pengorbanan anggaran yang diperuntukkan bagi pembangunan jalan menuai hasilnya. 

“Dengan infrastruktur jalan yang baik roda perekonomian bergerak mendorong kesejahteraan warga. Kehidupan sosial, dan pelayanan pendidikan serta kesehatan juga menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat,” paparnya.

Di sektor pelayanan dasar lainnya Andika menyebut Pemkab Serang telah berhasil memberikan pelayanan yang relative maju yaitu di sector pendidikan. Andika menyebut ribuan warga kabupaten Serang selama dua periode kepemimpinan Bupati Tatu telah banyak yang meningkat kualitas pendidikannya karena diberi beragam beasiswa pendidikan. 

“Dari tingkat dasar, menengah sampai perguruan tinggi. Dari pelajar, mahasiswa hingga tenaga pengajar, banyak yang sudah menikmati beasiswa pendidikan dari Pemkab Serang,” katanya.

Di sector kesehatan, Andika menyebut, peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan di pusat-pusat kesehatan masyarakat yang terletak di setiap kecamatan sangat dirasakan masyarakat di antaranya dengan peningkatan statsu puskesmas menjadi puskesmas rawat inap. 

“Di sector sosial, ribuan rumah tidak layak huni juga telah berhasil direnovasi sehingga masyarakat miskin mendapatkan haknya atas tempat tinggal yang layak dan sehat,” imbuhnya.

Merujuk hal-hal itu, kata Andika, pembangunan di Kabupaten Serang  ke depan harus dilanjutkan ke tahap selanjutnya dengan tetap menjaga kebijakan-kebijakan dasar yang telah dilakukan Bupati Tatu sebelumnya. Tahap selanjutnya itu kata Andika di antaranya adalah memaksimalkan dan mengoptimalkan hasil-hasil pembangunan yang sudah ada di atas untuk sebesar-besarnya bagi kepentingan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. 

“Dengan infrastruktur jalan yang bagus, dengan pendidikan yang baik, dengan rumah yang layak, dengan badan yang sehat, berikutnya bagaimana hal itu dapat lebih mensejahterakan warganya,” katanya.

Andika menyebut pelayanan Pemkab Serang ke depan di semua sektor pembangunan juga tidak bisa dilepaskan dengan kemajuan teknologi di mana saat ini semua hal tidak bisa terlepas dari keterlibatan IT atau informasi teknologi. 

“Dengan IT, Pemkab Serang harus terus berinovasi mengejar tujuan utama yaitu mensejahterakan warga dan memajukan daerah. Jadi gak bisa lagi pemerintahan dijalankan dengan pola pikir business as usual,” pungkasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!