Img 20231011 170921

Mediasuararakyat.com – Banten | Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Kepala SMP Negeri 1 Mandalawangi kabupaten Pandeglang mengajak seluruh siswa dan siswi untuk meneladani sifat Rasulullah. Hal itu disampaikan Drs H Asep Rustandi, M.Pd pada acara peringati maulid Nabi dan perayaan hari ulang tahun SMPN ke 41, di lapangan upacara SMPN 1 Mandalawangi pada Rabu (11/10/2023).

Menurut H Asep Rustandi perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang dalam masyarakat Islam. Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Peringatan Maulid Nabi ini merupakan ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW atas kelahiran beliau ke dunia. 

“Perayaan Maulid Nabi merupakan bagian dari tradisi untuk menyemarakkan syiar agama,” ungkap Asep.

Asep mengatakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu hari penting yang diperingati setiap tahun. Peringatan maulid Nabi ini bertemakan “Mengamalkan Cinta Nabi kepada Sesama, Keluarga Guna Menanamkan Empati dan Kesadaran Dalam Kehidupan Sehari-hari”.

“Melalui peringatan Maulid Nabi, kita dapat merenungkan dan memahami ajaran-ajaran luar biasa yang diberikan Rasulullah kepada umat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran-ajaran ini tidak hanya relevan pada zamannya, tetapi juga relevan dalam semua aspek kehidupan kita saat ini,” kata Kepsek SMPN 1 Mandalawangi.

Ia mengajak kepada seluruh siswa dan siswi SMP Negeri 1 Mandalawangi untuk mengisi Maulid dengan meneladani ajaran Nabi Muhammad SAW. 

“Kita harus meneladani sikap Rasulullah karena beliau adalah pembimbing bagi umat manusia yang membawa cahaya petunjuk dalam kegelapan dunia. Kita harus meneladani sikap yang dimiliki Rasulullah untuk mendapatkan Ridha dari Allah SWT, dengan memperingati Maulid Nabi, kita dapat merefleksikan ajaran-ajaran yang ditinggalkan Rasulullah,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Penceramah, Qori, Ketua Komite, Alumni, Dewan guru dan keluarga besar serta siswa-siswi SMPN setempat.

Dikatakan Asep Rustandi, bahwa mensyukuri lebih indah dilakukan daripada menggali perbedaan. Untuk dapat mensyukuri perbedaan maka diperlukan empati yang dimiliki masing-masing individu. Hal ini merupakan salah satu hal yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

“Empati ini mungkin buat sebagian orang adalah hal yang tidak berarti, tapi dengan empati kita bisa bersatu, bisa saling mengerti, saling memahami dan sekali lagi ini adalah hal yang diajarkan Baginda Rasulullah SAW,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, Rasulullah memberikan teladan dalam mengelola perbedaan. Ia merupakan pribadi penuh kasih sayang yang mampu merangkul semua yang berbeda dan menempatkan hak-hak asasi sebagai dasar relasi sosial.

Menurutnya, mencontoh ahlak dan jejak kepemimpinan Rasulullah SAW adalah sebuah keniscayaan. Bahkan, para pendahulu bangsa telah meletakkan dasar-dasar berbangsa dan bernegara dengan menempatakan harmoni dan kerukunan sebagai spirit universal yang akan menjaga bangsa Indonesia tetap utuh.

Lebih lanjut, Asep menuturkan bahwa Allah lebih banyak menganugerahi persamaan. Ia meyakini bahwa perbedaan yang ada jumlahnya lebih sedikit daripada persamaan. 

“Spirit Maulid Nabi Muhammad juga mengajak kita berjihad dengan berani untuk mengedepankan persamaan dari perbedaan,” tuturnya lagi.

“Spirit Maulid Nabi Muhammad SAW juga seyogyanya menginspirasi kita untuk tak pernah berputus asa memberi yang terbaik untuk bangsa dan negara, selain itu perlu kita ingat bahwa Allah telah menganugerahi kekayaan alam dan budaya, salah satu cara bersyukur kita adalah merawat kekayaan alam dan budaya itu dengan baik,” sambungnya.

Tausiyah langsung disampaikan oleh Penceramah Ust. Muhammad Khairi Gibran Pasya.

Dalam kesempatan yang sama, pihak SMPN 1 Mandalawangi juga merayakan hari jadinya ke 41 (11 Oktober 1982-11 Oktober 2023).

“Alhamdulillah kegiatan perayaan Maulid Nabi berjalan dengan baik. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari kegiatan ini, yaitu meneladani sikap dan perilaku Rasulullah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

“Semoga dengan peringatan Maulid Nabi, kita dapat melaksanakan ajaran-ajaran yang sudah diberikan Nabi Muhammad kepada umat manusia di muka bumi ini sehingga kita semua mendapatkan syafa’at beliau di akhirat kelak,” harap kepala SMPN 1 itu.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!