Img 20231013 Wa0084

Mediasuararakyat.com – Banten | Ratusan masa aksi yang menolak hasil Pemilu di Kabupaten Pandeglang rusuh dan bentrok fisik dengan aparat kepolisian. Peristiwa itu terjadi dalam simulasi pengamanan Pemilu 2024 yang digelar Polres Pandeglang di halaman Pendopo kabupaten setempat.

Menurut Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogi bahwa kegiatan simulasi pengamanan Pemilu 2024 yang dilaksanakan sesuai tahapan.

“Hari ini kita menggelar tahapan sispam kota atau kegiatan simulasi pengamanan Pemilu 2024, kita lakukan pengamanan sesuai Setandar Operasional Prosedur (SOP),” ungkap Kabag OPS Kompol Yogi kepada awak media, Jumat (13/10/2023) usai acara tersebut.

Dikatakan Kompol Yogi, pada 17 Oktober 2023 Polres Pandeglang juga akan melaksanakan gelar pasukan yang tujuannya mengecek kekuatan personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan pemilu atau operasi matabrata yang tersebar di 35 kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Sebanyak 900 personil yang akan kita turunkan dalam pengamanan Pemilu 2024 mendatang diantaranya, Pasukan kontijensi dari Ditsamapta Polda Banten dan Satu kompi dari Brimob Polda Banten,” katanya, seraya menambahkan bahwa untuk titik kerawanan pihaknya sudah menyiapkan pendataan informasi terlebi dahulu dari 35 kecamatan dan 3759 Tempat Pemungutan Suara (TPS ) yaitu pola yang sangat rawan, rawan dan kurang rawan.

Sementara Ketua Divisi Perencaan Data dan Informasi pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang, Rodi Herdiana pada kesampatan itu pihaknya mengapresiasi acara kegiatan simulasi pengamanan Pemilu 2024 yang digelar oleh Polres Pandeglang tersebut.

“Saya dari perwakilan KPU Pandeglang melihat acara simulasi ini sukses dan kondusif, begitu pula nanti dalam pelaksanaan Pemilu 12 Februari 2024 mendatang dilaksanakan sukses. Ini bagian tahapan dari pemilu 2024 yang digelar dengan baik,” tuturnya singkat.

Hal senada juga disampaikan Febri Setiadi selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, dirinya juga mengapresiasi jajaran kepolisian Polres Pandeglang yang telah menggelar simulasi sismam kota pengamanan pemilu 2024 dengan baik oleh Polres Pandeglang.

“Kami juga akan selalu berkoordinasi dengan pihak Polres Pandeglang berkaitan dengan potensi kerawanan pada Pemilu 2024 mendatang,” katanya.

Hadir dalam acara simulasi sismam kota pengamanan Pemilu 2024 yaitu Kapolres AKBP Belny Warlansyah, Dandim 0601 Pandeglang, Letkol inf. Suryanto, S.A.P, Kepala Subdenpom Pandeglang, Kasi Intel Kejari Pandeglang, perwakilan dari PN Pandeglang, Kepala Kesbangpol E. Suhaedi, KPU dan Bawaslu Pandeglang.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!