Img 20231023 Wa0263

Mediasuararakyat.com – Banten | Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dan bantuan ternak kepada para kelompok tani di Kabupaten Pandeglang.

Penyerahan bantuan alsintan dan bantuan ternak bagi para kelompok tani tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita kepada beberapa Ketua kelompok tani, di UPT Balai Benih Induk Padi Caringin Kecamatan Labuan, Senin (23/10/2023).

Dalam kesempatan penyerahan bantuan tersebut, Irna mengatakan bantuan alat mesin pertanian dan bantuan ternak bagi para kelompok tani ini merupakan bentuk perhatian terhadap para petani sebagai sarana penunjang agar lebih meningkatkan hasil produktivitas pertanian dengan satu tujuan yaitu meningkatnya kesejehteraan para petani.

“Bantuan alsintan diharapkan bisa di manfaatkan oleh kelompok tani untuk membantu percepatan pengolahan lahan, sehingga petani bisa meningkatkan produksi yang berdampak pada kesejahteraan petani,” kata Bupati Irna.

Ia juga mengungkapkan Provinsi Banten saat ini menduduki peringkat delapan produsen beras terbesar nasional.

“Tentu saja hasil tersebut berkat kerja keras para pahlawan pangan para petani Pandeglang yang telah memberikan kontribusi terhadap kadaulatan pangan,” ucapnya.

Irna berpesan bantuan alsintan yang diterima oleh para kelompok tani tersebut agar dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

“Bantuan alsintan dan ternak ini harus dijaga dan dimanfaatkan bersama-sama secara optimal, karena bantuan pemerintah sifatnya hanya sebagai stimulan, agar para petani bisa lebih bersemangat untuk terus melakukan pengembangan usaha pertaniannya guna meningkatnya produktivitas pertanian dan peningkatkan ekonomi para petani,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang Nasir mengatakan ada sekitar 176 bantuan alsintan bagi para keompok tani di Kabupaten Pandeglang.

“Adapun bantuan alsintan tersebut diantaranya traktor roda empat 3 unit, traktor roda dua 90 unit, pompa air 21 unit, hand sprayer 50 unit cultivator 12 unit,” ungkap Nasir.

Ia menerangkan untuk bantuan ternak

bagi para kelompok tani diantaranya 1.000 ekor burung puyuh, 142 ekor domba, 20 ekor sapi, satu unit mesin pencacah rumput pakan ternak sealer otomatis.

“Pemberian bantuan alsintan dan ternak bagi para kelompok tani tersebut tersebar ke 129 kelompok tani di 30 Kecamatan dan 83 Desa,” tandasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *