Img 20231024 Wa0057

Mediasuararakyat.com – Banten | Danramil 0105 Mandalawangi, 0601 Pandeglang memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada 229 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Polri SPN Polda Banten, di Kampung Numpi, Desa Kurungkambing kecamatan Mandalawangi, Selasa (24/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut Danramil Kapten Inf Suratman memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) untuk memupuk rasa Cinta Tanah air dan kedisplinan, kegiatan tersebut juga merupakan wujud dari kepedulian TNI dalam melaksanakan pembinaan karakter generasi muda, anak bangsa sejak dini. 

Menurut Suratman, Koramil Mandalawangi bekomitmen untuk terus memberikan materi pembentukan karakter termasuk Wawasan Kebangsaan. 

“Kita berharap dengan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan kedisiplinan, selain itu juga dapat memberikan motivasi bagi siswa dalam menyongsong masadepannya,” ungkap Danramil.

Dikatakan, selain itu juga bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme sejak dini sehingga diharapkan dapat membentuk generasi penerus yang disiplin dan berkarakter serta memiliki rasa cinta tanah air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Adapun pemberian wasbang meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakan untuk menumbuhkan persatuan dan kesatuan,” katanya.

Menurut Suratman, wawasan kebangsaan sangat penting untuk ditanamkan, mengingat sangat strategis dalam membentuk pola pikir.

“Selain itu juga membentuk nilai-nilai patriotisme melalui pembentukan dasar mental dan membentuk karakter kedisiplinan para pelajar agar dapat mencapai cita-cita luhur baginya,” ujarnya.

Dengan memberikan Wasbang diharapkan dapat menjadi benteng bagi mereka agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang bersifat negatif karena dapat merusak keperibadiannya dan masa depannya.

“Hal ini tentunya membutuhkan kerja sama dan pengawasan dari semua pihak baik guru pembimbing di sekolah maupun orang tua dan lingkungan tempat tinggal,” ucapnya.

Danramil menambahkan untuk itu marilah bersama bimbing dan arahkan para generasi penerus bangsa dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan memberikan motivasi.

“Agar dapat mewujudkan cita-cita luhur yakni menjadi generasi penerus bangsa yang berguna bagi bangsa dan negara Indonesia,” tutupnya.***

Penulis: SN 

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!