Img 20231027 171841

Mediasuararakyat.com – Banten | Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Seluruh Indonesia melaksanakan simposium nasional yang digelar di Kota Serang, Jumat (27/10/2023).

Adapun simposium nasional itu digelar bertemakan ‘Menjaga Keutuhan NKRI, Memperkokoh Wawasan Kebangsaan dan Mempersiapkan Indonesia Emas 2045’. 

Koordinator Pusat Aliansi Dema PTKIN Syahru Sobirin dalam sambutannya menyampaikan bahwa momen Indonesia Emas 2045 adalah kesempatan bagi semua lapisan tak terkecuali mahasiswa untuk berkontribusi.

“Mahasiswa sebagai generasi yang akan mewujudkan hal tersebut, tentu harus dipersiapkan dengan matang karena akan mengisi pos-pos strategis masa depan harus benar-benar orang yang ahli di bidangnya. Untuk itu, ia mengingatkan dalam acara ini perlu lahir gagasan-gagasan yang nantinya akan berguna bagi nusa dan bangsa,” ucap pria yang akrab disapa Sobirin itu. 

Ia juga menyampaikan menjelang pesta demokrasi mahasiswa harus memaksimalkan perannya sebagai agen of sosial control.

“Mahasiswa harus bisa memberikan edukasi tentang pemilu agar bisa berjalan dengan damai dan bermartabat,” tukasnya.

Menurutnya, jangan sampai situasi pemilu 2024 nanti seperti pemilu 2019 yang menyebabkan perpecahan di masyarakat. 

“Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus menjaga kondusifitas. Jangan sampai perbedaan pilihan menjadi perpecahan. Seperti dikatakan dalam kaidah usul fiqh bahwa perbedaan pendapat merupakan sunnah karena masing-masing manusia memiliki daya nalarnya masing-masing sehingga sudah pasti perbedaan itu ada,” ujarnya.

Diketahui acara tersebut menghadirkan 30 Kampus PTKIN dari berbagai wilayah seluruh Indonesia.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!