Img 20231130 Wa0058

Banten | Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang menerima kunjungan studi tiru penyelenggaraan statistik sektoral dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten dan BPS kabupaten/kota se-Provinsi Banten di Ruang Rapat Wareng Kantor Bupati Tangerang, Selasa (28/11/2023).

Kepala Diskominfo Nono Sudarno diwakili oleh Kepala Bidang Statistik Sektoral, Budi Lestari. Ia menyampaikan, kegiatan studi tiru tersebut merupakan ajang silaturahmi bagi Diskominfo Kabupaten Tangerang dengan BPS dari setiap kabupaten/kota di Provinsi Banten. 

“Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta. Suatu kehormatan bagi kami dikunjungi oleh BPS kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Semoga dalam kunjungan ini bisa menjadi ajang silaturahmi yang berkesinambungan,” ujarnya.

Budi Lestari mengatakan, penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Tangerang dilakukan sejak 2019 yang ditandai dengan adanya  Bidang Statistik Sektoral pada Diskominfo Kabupaten Tangerang.

“Banyak hal yang sudah kami lakukan, mulai dari intensitas rapat koordinasi dengan BPS serta Bappeda, mendorong tingkat keterisian data dan metadata di beberapa Perangkat Daerah melalui coaching clinic guna menyepakati daftar data yang harus dipenuhi oleh perangkat daerah. Selain itu berkoordinasi dengan pimpinan, membuahkan komitmen tinggi pimpinan menekankan agar setiap perangkat daerah peduli terhadap data sektoral yang sangat berguna bagi pembangunan. Bimbingan teknis bagi operator pengolah data rutin kami selenggarakan, serta kami juga telah menyusun Buku Analisis Data Statistik Sektoral hingga dibuatkan surat persetujuan publikasi dan diterbitkan,” lanjut Budi Lestari.

Selaku pimpinan rombongan, Bambang Widjonarko, Statistisi Madya BPS Provinsi Banten mengungkapkan, Kabupaten Tangerang menjadi daerah dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) terbaik se-Provinsi Banten berdasarkan penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) pada 2023.

“Sesuai surat permohonan studi tiru kami, nomor B-1877/36000/VS.190/11/2023 tanggal 9 November 2023 lalu, Alhamdulillah bisa terlaksana hari ini dan kami menegaskan kembali bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menyelenggarakan statistik sektoral terbaik se-Provinsi Banten. Oleh karena itu Diskominfo Kabupaten Tangerang sebagai walidata menjadi tempat studi tiru penyelenggaraan statistik sektoral bagi Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Banten,” ungkap Bambang.

Bambang berharap dengan studi tiru ini, Diskominfo Kabupaten Tangerang bisa berbagi mengenai penyelenggaraan statistik sektoral kepada BPS dan Diskominfo kabupaten/kota lainnya serta bisa meningkatkan statistik sektoral di tahun selanjutnya dengan mempersiapkan penilaian sebaik-baiknya di tahun 2024.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Tangerang, Husin Maulana, menyampaikan, nilai IPS dan pencapaian yang diraih oleh Diskominfo Kabupaten Tangerang tidak luput dari koordinasi serta komunikasi yang baik antara BPS selaku pembina data, BAPPEDA, serta Diskominfo dalam setiap proses penyelenggaraan statistik sektoral. 

“Alhamdulillah, berkat koordinasi yang baik, dapat mencapai prestasi ini. Kami dari BPS Kabupaten Tangerang turut bangga dan bahagia atas capaian ini, semoga dapat ditingkatkan lagi,” tutup Husin.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!