Img 20231209 Wa0170

Banten | Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, pencegahan korupsi untuk percepatan pencapaian kesejahteraan bersama. Nilai-nilai antikorupsi perlu ditanamkan sejak dini.

Hal itu diungkap Al Muktabar pada Peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia 2023 Provinsi Banten di Plaza Aspirasi, KP3B Curug, Kota Serang, Sabtu (9/12/2023). Pada Hakordia 2023 mengambil tema ‘Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju.’

“Peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia (Hakordia) bagian dari sosialisasi pencegahan korupsi,” ungkapnya.

“Antikorupsi diawali dengan mencegah,” tegas Al Muktabar.

Al Muktabar mengajak seluruh pihak untuk terus menerus saling mengingatkan. Menurutnya, kontrol sosial merupakan suatu hal penting.

“Pencegahan korupsi penting,” ucapnya.

“Antikorupsi harus digiatkan bersama,” tambah Al Muktabar.

Dikatakan, dalam pencegahan korupsi, Pemprov Banten bersama KPK melakukannya secara massif. Diantaranya bersama para pejabat Pemprov Banten dan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan dunia usaha swasta atau para pengusaha, para tokoh masyarakat dan juga organisasi profesi.

“Kita selalu berkolaborasi, konsep pentahelix. Mudah-mudahan dengan segala ikhtiar ini akan terus memposisikan Provinsi Banten dalam pencegahan korupsi,” ucap Al Muktabar.

Al Muktabar mengatakan, pencegahan korupsi dilakukan dari berbagai lini. Salah satunya dari Desa. Dan, tahun lalu Desa Gunungbatu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak ditetapkan sebagai Desa Percontohan Antikorupsi. Dirinya berharap ditunjuknya Desa Gunungbatu Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak sebagai Desa Antikorupsi oleh KPK bisa direplikasi Desa-Desa lainnya.

Masih menurut Al Muktabar, generasi muda merupakan harapan masa depan bangsa Indonesia. Nilai-nilai antikorupsi perlu ditanamkan sejak dini. 

“Hadirnya siswa siswi bagian pendidikan kepada mereka proses awal untuk nanti menjadi pemimpin Indonesia. Kita sudah melakukan pembekalan-pembekalan antikorupsi,” ungkapnya.

Al Muktabar meyakini, nilai-nilai antikorupsi bisa menjadi nilai lebih atau daya bagi generasi. Generasi muda harus jujur atau amanah untuk mendapatkan kepercayaan.

“Dunia global menghendaki tatanan orang yang amanah dalam bekerja, berbuat, dan bertindak,” ungkapnya.

“Generasi muda yang kita persiapkan bukan hanya untuk Provinsi Banten untuk nasional atau Indonesia. Bahkan berkemungkinan berkiprah secara mendunia. Dengan langkah seperti ini Mereka mendapatkan trust atau kepercayaan yang nilainya tinggi sekali,” pungkas Al Muktabar.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Hakordia Provinsi Banten 2023 Inspektur M Tranggono mengatakan, Peringatan Hakordia salah satunya dalam rangka meningkatkan pemberantasan korupsi.

“Inspektorat Provinsi Banten bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Banten Forum Penyuluh Antikorupsi Provinsi Banten melaksanakan Peringatan Hakordia 2023,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba Semarak Hakordia Provinsi Banten 2023.

Lomba Pidato juara pertama Ajeng Briliandini Putrie Suryadi. Disusul oleh Lia Solehatun Nisah dan Nazlia Nursyahbani.

Lomba Poster juara pertama Flarines Yena FF. Disusul oleh Efan.Rivalni.

Lomba Video Ceramah juara pertama Febi Anggraini. Disusul Agus Supriatma dan Lukman Hakim.

Selain juga ada Lomba Cipta dan Film Pendek.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!