Img 20231210 Wa0130

Banten | Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan masa perkembangan anak usia dini merupakan moment penting dalam menumbuhkan kemampuan intelektual anak. Kemampuan intelektual anak adalah tahapan anak untuk mempelajari dan menerapkan pengalaman yang mereka peroleh seiring waktu.

“Melalui kegiatan ini kita sama-sama belajar untuk meningkatkan kompetensi dasar pada anak afektif, kognitif dan psikomotorik yang merupakan bentuk kegiatan penting dalam meningkatkan kapasitas intelektual anak,” ungkap Al Muktabar saat membuka Talkshow Smart Parenting Anak Usia Dini di Gedung Negara Provinsi Banten. Jl. Brigjen K.H. Syam’un No. 5, Kota Serang, Minggu (10/12/2023).

Dengan kemampuan intelektual yang terus disampaikan, mampu menjadikan sebuah sistem nilai kehidupan bagi anak. Dengan begitu, anak memiliki kemampuan untuk menjadi pribadi yang unggul.

“Mengubah sebuah kegiatan menjadi sebuah nilai itu berarti kita meningkatkan kapasitas sistem anak kearah lebih maju. Dari hanya niat belajar, menjadi ingin belajar dan menjadi ingin tau,” ungkapnya.

Al Muktabar juga menyampaikan, mentransformasikan nilai pada anak usia dini juga sangat membutuhkan peran orang tua. Melalui talk show smart parenting ini diharapkan mampu memberikan program terbaik untuk tumbuh kembang anak.

“Dengan kita diskusikan berbagai hal pada kesempatan ini, bersama orang tua menghasilkan kegiatan yang terukur. Sehingga kita mampu memantau tumbuh kembang anak dari berbagai arah,” imbuhnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Provinsi Banten Tine Al Muktabar menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan mengedukasi orang tua dan masyarakat luas dalam menstimulasi kecerdasan anak usia dini. Pada masa tersebut terjadi pertumbuhan dan perkembangan anak (golden age) yang perlu diperhatikan khusus oleh orang tua. 

“Jangan sampai pada masa ini ada kesalahan dalam mengawasi tumbuh kembang anak yang akan berdampak di kemudian harinya,” ungkapnya.

Stimulus yang diberikan kepada anak di masa keemasannya secara tidak langsung membangun arsitektur yang megah di otak anak. Sehingga itu akan berdampak pada perilaku dan kapasitas anak ke depan sebagai pondasi anak sejak dini.

“Namun, jika ini dilewatkan maka target membangun arsitektur megah di otak tidak terwujud akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia kedepan,” jelas Tine.

Tine juga menyampaikan, pihaknya akan berfokus pada sosialisasi pentingnya stimulus untuk anak usia dini. Dimana, kegiatan ini akan dibagi pada ranah orang tua dan pendidik sebagai upaya mengawal tumbuh kembang anak.

“Selanjutnya, kita akan berupaya terus mengawal para orang tua dan pendidik yang memiliki peran penting bagi anak. Sehingga nantinya akan menjadi generasi bangsa yang unggul dan bisa bersaing di Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Sebagai apresiasi kepada orang tua kreatif, Pj Gubernur Banten Al Muktabar didampingi Bunda Paud Provinsi Banten memberikan penghargaan kepada 30 pemenang lomba Video Stimulus Cerdas. Lomba ini diadakan oleh Pokja Bunda PAUD Provinsi Banten secara online yang diikuti 108 peserta.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *