Img 20231212 Wa0275

Banten | Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus mendorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam berbagai program dan kegiatan. Hal itu untuk memberikan nilai tambah pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Ini menjadi satu komitmen bersama mulai dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah, mudah-mudahan ini menjadi satu pertanda baik yang berkaitan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan komponen dalam negeri,” ungkap Virgojanti usai membuka Business Matching P3DN di Plaza Aspirasi, KP3B Curug, Kota Serang, Selasa (12/12/2023).

Dikatakan, banyak dampak positif yang dapat dirasakan ketika pemerintah daerah mengedepankan penggunaan produk dalam negeri. Mulai dari mendorong pertumbuhan ekonomi hinga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Tentu dengan semakin banyak usaha-usaha industri yang dikembangkan di dalam negeri, ini akan menyerap tenaga kerja dan sebagainya. Jadi hulu dan hilirnya dapat berkembang serta nanti akan berdampak juga terhadap pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Selain itu, kata Virgojanti, P3DN ini juga dapat mendorong perusahaan-perusahaan untuk dapat membuka di suatu daerah. Apabila semua dapat beralih kepada komponen dalam negeri dalam setiap kegiatan pembangunan.

“Jadi intinya ini untuk penciptaan nilai tambah, banyak sekali hal-hal positif yang kita dapatkan dalam rangka upaya mendorong dan membangun suatu komitmen bersama yang bertumpu pada produk dalam negeri,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Virgojanti mengajak kepada pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten dapat bersama-sama berkomitmen untuk memprioritaskan penggunaan komponen dalam negeri.

“Kita memprioritaskan penggunaan komponen dalam negeri dalam rangka proses pengadaan barang jasa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso menyampaikan Business Matching P3DN tersebut sebagai wadah mempertemukan para pelaku industri yang menghasilkan produk bersertifikat TKDN di Provinsi Banten dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD dan instansi vertikal yang ada di Provinsi Banten.

“Ini juga untuk memetakan kebutuhan barang dan jasa dari perangkat daerah di Provinsi Banten,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam Business Matching terdapat rangkaian kegiatan, mulai dari pemaparan materi dari Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian, dan pemaparan dari pelaku industri mengenai produk-produk yang bersertifikat TKDN, dan konsultasi mengenai tata cara sertifikat TKDN.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh sejumlah perusahaan, Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan OPD di Lingkungan Pemprov Banten.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *