Img 20231225 Wa0121

Banten | Sekelompok pemuda di Desa Kadubelang, Kecamatan Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang, mengembangkan pertanian buah melon, semangka dan pepaya yang memiliki kualitas bagus. Para kelompok tani yang memiliki entrepreneurship yang menamakan Kelompok Tani Muda Milenial itu tergabung dalam wadah Youth Development Farm sudah berjalan cukup lama.

Menurut CEO Youth Development Farm, Ahmad Suryadi yang didampingi Inung Sekretaris Desa Kadubelang itu, mengatakan bahwa kiprah para pemuda Mekarjaya dalam mengembangkan pertanian itu sudah berjalan lama dibawah wadah YDF yang visi misinya menjadikan pemuda sebagai petani modern milenial.

“Adapun tujuannya menjadikan pemuda Mekarjaya sebagai petani modern dan enterpreunership hasil pertanian yang mengembangkan budidaya buah melon, semangka dan pepaya,” ungkap Ahmad Suryadi kepada media, Selasa (26/12/2023).

Dikatakannya, bahwa kegiatan pelatihan budidaya dan prkateknya atau on the jobs traning budi daya melon, semangka, pepaya dan lainnya.

“Kegiatannya yang selama ini dilakukan yaitu diskusi mingguan bersama kelompok tani muda dan Karang Taruna terkait budidaya melon dan budidaya tanaman lain. Selain itu, pengawasan dan pengontrolan tanaman oleh kelompok tani muda secara bergantian,” katanya.

Adapun, lanjut Ahmad Suryadi, output yang ingin dicapai diantaranya Mengajak petugas pertanian untuk proaktif terjun ke masyarakat, menjadikan Desa Kadubelang menjadi sentra produksi melon dan pepaya di Kabupaten Pandeglang, terciptanya ekonomi kepemudaan yang modern dan digitalisasi.

“Selain itu, menjadikan Desa Kadubelang sebagai desa milyarder di 5 tahun mendatang dengan mengawinkan Karang Taruna Desa dan YDF dalam mengembangkan bisnis pertanian dan pariwisata,” sambungnya.

Diharapkan dengan  adanya partisipasi aktif dari pemerintah desa untuk mengidentifikasi pemuda yang visioner.

“Rencana 3 bulan kedepan akan mengaktifkan karang taruna desa sambil melakukan panen raya dengan mengundang Bupati dan stakeholder terkait di Kabupaten Pandeglang,” pungkasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *