Img 20240110 Wa0036

Banten | Terkait persoalan dengan tidak terlayani pasien yang membludak di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang akibat penuhnya Bed Pasien di ruangan IGD tersebut.

Menurut Direktur Utama (Dirut) RSUD Berkah Pandeglang, dr Firman, bahwa bukan pelayanan di IGD akibat penuhnya berangkar atau Bed Pasien yang terpaksa agar pelayanan terhadap pasien terus berjalan banyak menggunakan kursi roda untuk melakukan observasi yang dilakukan dokter spesialis terhadap pasien tersebut.

“Kalau di IGD bukan tidak terlayani pasien tetapi karena Bed Pasien penuh  sehingga asumsi masyarakat bahwa ruangan penuh. Padahal di IGD nya Bed Pasien penuh untuk melakukan observasi terhadap pasien 6 sampai 8 jam sebelum dibawa ke ruangan rawat inap,” terang Firman saat ditemui media, Rabu (10/01/2024).

“Dan kalau pasien-pasien yang sifatnya butuh pengawasan khusus atau emergency itu biasanya melakukan observasi lebih lama 1 sampai 2 harian karena alatnya lebih lengkap di IGD daripada di ruangan inap,” sambungnya.

Dikatakan Firman, untuk ruangan inaf masih cukup tidak penuh dan pelayanan tetap berjalan normal dan maksimal.

“Untuk fasilitas yang kita miliki Alhamdulillah peralatan yang ada sudah lengkap termasuk Sumber Daya Manusia (SDM)-nya,” katanya.

Dijelaskannya, kondisi pelayanan terhadap pasien yang dilakukan biasanya berjenjang dari rujukan Puskesmas masuk ke IGD dan jika ada jawaban dari dokter spesialis harus dirujuk ke  rumah sakit tipe yang lebih besar.

“Makanya kalau kita langsung rujuk percuma khawatir kita yang disalahkan dianggap tidak dilayani padahal bed penuh, di rumah sakit Itu IGD lain juga sama seperti itu bahkan ada yang dibawah lantai, kita tidak mau seperti itu karena rentan dan persoalkan nantinya, kalau bisa pakai kursi roda sementara sambil menunggu hasil observasi dokter,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, kalau ada pasien yang lebih kritis masuk ke IGD RSUD Pandeglang dengan kondisi bed penuh tersebut, biasanya dirujuk langsung ke rumah sakit yang lebih dekat.

“Intinya fasilitas di RSUD Pandeglang sudah lengkap,” tukasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *