Whatsapp Image 2024 01 21 At 14.21.21

Mediasuararakyat.com – Pakpak Bharat, Sumatera Utara | Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor hari ini menghadiri “Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025 Zona Dataran Tinggi” di Hotel Sibayak, Berastagi, Rabu (17/01/2024).

Dihadapan Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Dr. Hassanudin yang hadir dalam acara ini, beserta banyak Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan Banyak Kepala Daerah lainnya, Franc Bernhard Tumanggor mengapresiasi banyaknya dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bagi upaya pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat, dukungan berupa pembangunan infrastruktur (jalan penghubung antar Daerah), bantuan sarana dan prasarana pertanian, bantuan sosial, UMKM, sarana olah raga (Traju Sport Center), pelestarian cagar budaya, pembangunan rumah layak huni, alat kesehatan dan banyak lainnya, yang menurutnya sangat membantu bagi pihaknya dalam upaya pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat.

Maka ijinkanlah kami sampaikan terimakasih yang tidak terhingga, kepada bapak Penjabat Gubernur, dan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kami tentu sangat berharap kedepan, agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tetap menjadikan Kabupaten Pakpak Bharat sebagai perioritas pembangun dalam segala sektor, guna menjadikan Kabupaten Pakpak Bharat setara dengan Daerah lain di Sumatera Utara, tutur Franc Bernhard Tumanggor.

Bupati muda, yang akrab disapa Franc ini, juga mengurai beberapa capaian penting memasuki tahun ketiga Kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd diantaranya, peningkatan ekonomi Pakpak Bharat dari 2,54 persen pada tahun 2021 menjadi 4,

30 persen pada tahun 2022, indeks pembangunan manusia sebesar 67,94 tahun 2021 naik menjadi 68,85 ditahun 2022, tingkat kemiskinan 9,74 persen tahun 2018 turun menjadi 8,42 persen ditahun 2022, serta adanya peningkatan pendapatan perkapita masyarakat dari 23,83 juta tahun 2021 menjadi 25,51 juta pada tahun 2022.

Namun masih menjadi tugas bagi kami, bahwa data statistik selama sepuluh tahun terakhir walaupun terus mengalami peningkatan, namun posisi PDRB Kabupaten Pakpak Bharat masih pada posisi 31 dari 33 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, jelas dia.

Pra Musrenbang RKPD Zona Dataran Tinggi ini dilaksanakan guna menyusun rancangan kerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025 mendatang. Posisi Kabupaten Pakpak Bharat yang dipandang strategis karena berada antara enam Kabupaten pada dua Provinsi, yakni Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi Kabupaten ini. Sayangnya seperti disampaikan oleh Bupati, keterbatasan Anggaran Daerah menjadi faktor utama terhambatnya laju pembangunan.

Franc Bernhard Tumanggor dalam beberapa waktu belakangan terus berupaya meyakinkan Pemerintah atasan, baik Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Pusat, guna terus membantu upaya pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat. Melalui upaya ini pula banyak program pembangunan yang telah bergulir di Kabupaten Pakpak Bharat. Tahun 2023 misalnya, Presiden RI, H Joko Widodo telah mengeluarkan Inpres bagi percepatan pembangunan jalan penghubung Lagan-Pagindar. Tidak kurang dari 58 Milyar dikucurkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR RI pada ruas jalan ini.”

Bagah Sinamo

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content ini dilindungi.....!!!!