Img 20240528 Wa0018

Mediasuararakyat.com – Banten | Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang memberikan Workshop bagi para pengolah data atau admin Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) di tiap desa. Kali ini dilaksanakan di dua Kecamatan yakni Mandalawangi dan Cimanuk yang dipusatkan d Kecamatan Mandalawangi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Hj. Nuriah berharap para admin SIKS-NG bisa serius dalam mengelola data masyarakat miskin.

“Harus disasar, disusur, disisir, supaya datanya tepat sasaran karena saat ini masih ada orang meninggal, pindah disili masih terdata di data terpadu kemiskinan,” ungkap Plt Kadinsos Hj Nuriah pada kegiatan workshop di Kecamatan Mandalawangi, Selasa (28/5/2024).

Plt Kadinsos berharap para admin di Kabupaten harus memantau pada saat di desa mengusulkan, mengganti dan menghapus data di DTKS.

“Artinya harus diverifikasi, pada saat mengusulkan jangan sampai admin bermain sendiri harus sinkron antara admin Kabupaten dengan desa,” kata Nuriah.

Ia menekankan, dengan melakukan validasi dapat menghasilkan data kemiskinan yang valid. Dengan data valid, Nuriah menilai ini wujud keberpihakan kepada masyarakat miskin.

“Bisa dikatakan dzolim kalau kita membiarkan data itu salah, saya minta data itu bisa sesuai dengan kondisi masyarakat sebagai penerima manfaat,” ujarnya.

Lebih lanjut Nuriah mengatakan, tujuan dari workshop ini agar para admin SIKS-NG bisa memvalidasi data agar penghapusan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sesuai inpres nomor 4 tahun 2022 bisa terwujud.

“Kami bersama tim dari Bappeda berkolaborasi bagaimana percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim
di 2024 bisa terwujud,” pungkasnya.***

Penulis: SN

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *