Img 20240528 Wa0002

Mediasuararakyat.com- Banten | Ketua Paguyuban Rukun Tetangga (RT) Iyang kecewa terhadap kinerja Inspektorat Pandeglang bahkan dirinya menduga pula adanya perlindungan terhadap oknum pejabat yang telah menyalahgunakan keuangan negara yakni anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 sampai 2023.

“Apa yang dilakukan oleh Inspektorat Pandeglang, sampai saat ini tidak ada informasi laporan hasil pemeriksaan (LHP) atau audit yang sudah dilakukan, bahkan kami menduga adanya perlakuan perlindungan terhadap oknum Kades Sidamukti tersebut,” kata Iyang, Senin (27/05/2024).

Menurutnya laporan aduan masyarakat yang disampaikan ke Polres Pandeglang terkait penyalahgunaan anggaran DD tahun 2022 dan 2023 seperti Dana BUMDes fiktif, Ketahanan Pangan, Pakaian dinas, Lumbung sosial desa, Insentif RT/RW dan dana hasil musdes yang tidak dilaksanakan oleh Pemdes Sidamukti Kecamatan Sukaresmi itu tidak jelas kelanjutannya.

“Kami heran perkara dugaan pelanggaran DD yang terjadi di Desa Sidamukti yang dilaporkan ke Polres Pandeglang terkesan di peti es kan, lantaran tanpa ada kejelasan, entah dari Inspektorat atau dari Polres Pandeglang, kami tidak tahu,” sambungnya.

Iyang selaku Ketua Paguyuban RT di Desa Sidamukti itu, meminta kepada Polres Pandeglang dan Inspektorat Pandeglang agar segera menghitung kerugian keuangan negara yang terjadi di Desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang.

“Kami meminta kepada pihak Polres dan Inspektorat Pandeglang agar segera melakukan tindakan, kalau terbukti tidak ada kerugian negara tolong sampaikan ke kami, kalau masih kurang data pendukung, kami siap melengkapinya,” tegasnya.

Selain itu, Ketua Paguyuban RT itu juga menyampaikan bahwa dari tokoh masyarakat Sidamukti sangat menunggu hasil audit Inspektorat Pandeglang.

“Harapan kami kasus ini segera di tuntaskan agar ada kejelasan dan memberi efek jera ke kades yang lainnya agar jangan main-main terhadap bantuan dana dari pemerintah yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di desa. Kami juga masyarakat dan tokoh masyarakat Sidamukti sangat menunggu hasilnya,” harapnya.***

Penulis: Red

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *